PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2016/2017


Masion Honas Prayudha , 5101410025 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU UKUR TANAH DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101410025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (484kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IUT dirasakan terlalu monoton dan kurang ada variasi. Akibatnya, banyak siswa yang kurang terampil dan hasil belajarrya kurang memuaskan. Dari nilai mata pelajaran IUT siswa TGB tahun ajaran 2015/2016 masih ada siswa yang belum mencapai ketuntasan. Masalah yang dikaji adalah: (1) Seberapa besar Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IUT dengan penerapan metode PjBL; (2) Apakah penggunaan metode PjBL dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam penyelesaian tugas IUT. Sampel penelitian adalah siswa TGB tahun ajaran 2016/2017, yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan metode PjBL dan kelompok kontrol menggunakan metode kooperatif. Metode pengumpulan data adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar dan hasil psikomotorik belajar siswa sedangkan observasi digunakan untuk memperoleh data awal sebelum penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar dan psikomotorik kompetensi Ilmu Ukur Tanah pada siswa yang mendapatkan pengajaran menggunakan metode PjBL hasilnya lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan metode kooperatif. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode PjBL lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan psikomotorik kompetensi Ilmu Ukur Tanah dibandingkan dengan metode kooperatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:25
Last Modified: 26 Jun 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30747

Actions (login required)

View Item View Item