PENGARUH SELF EFFICACY, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNNES


Nurul Latifah , 7101413386 (2017) PENGARUH SELF EFFICACY, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413386.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (837kB) | Preview

Abstract

Intensi berwirausaha merupakan niat yang bulat untuk melakukan suatu tindakan kewirausahaan, semisal dengan berkarir menjadi wirausaha, atau dengan proses pencarian informasi mengenai kewirausahaan. Intensi berwirausaha didukung oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi intensi berwirausaha adalah self efficacy, pendidikan kewirausahaan, dan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ingin mengetahui pengaruh self efficacy, pendidikan kewirausahaan, dan kecerdasan emosional terhadap intensi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES 2014. Populasi penelitian 387 mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2014. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 197 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling. Responden ditentukan dengan cara undian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis menggunakan deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa intensi berwirausaha dalam kategori tinggi, self efficacy dalam kategori tinggi, pendidikan kewirausahaan dalam kategori tinggi, dan kecerdasan emosional dalam kategori tinggi. Hasil penelitian secara statistic inferensial menunjukan bahwa self efficacy, pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan emosional berpengaruh secara simultan sebesar (40,9%) terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Secara parsial self efficacy berpengaruh sebesar (7,61%) terhadap intensi berwirausaha, sedangkan pendidikan kewirausahaan berpengaruh sebesar (11,97%) terhadap intensi berwirausaha dan kecerdasan emosional berpengaruh sebesar (4%) terhadap intensi berwirausaha. Simpulan penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy, pendidikan kewirausahaan dan kecerdasan emosional terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Saran yang diberikan bagi mahasiswa harus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dalam bidang kewirausahaan seperti mulai merencanakan bisnis. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya disarankan dapat memperluas variable-variabel penelitian yang lain seperti variabel internal dan eksternal. Enterpreneurial intension is a determination to conduct information searching about act of entrepreneurship, such as a career to be an entrepreneur, or by the process of seeking information about entrepreneurship. The intention of entrepreneurship is supported by several factors such as self efficacy, entrepreneurship education and emotional intelligence. This study aims to determine the effect of self-efficacy, entrepreneurship education, and emotional intelligence to the Enterpreneurial intension of economic education students UNNES 2014. The research method used the population of economic student education 2014 Semarang State University. Sampling amounted to 197 respondents taken using Slovin formula. Data collection techniques using questionnaires. Instrument testing is done with validity test and reliability test, the method of analysis in this research is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results of the study found that the existence of self-efficacy, entrepreneurship education and emotional intelligence affect simultanously equal to (40.9%) of student Enterpreneurial intension. In partial self efficacy effect of (7.61%) to Enterpreneurial intension, while entrepreneurship education accounted for (11.97%) of Enterpreneurial intension and emotional intelligence affects (4%) of Enterpreneurial intension. Research conclusion proves that there are positive and significant influence of self efficacy, entrepreneurship education and emotional intelligence to student Enterpreneurial intension. Partially self efficacy has a positive and significant effect on Enterpreneurial intension, entrepreneurship education has a positive and significant impact on Enterpreneurial intension and emotional intelligence have a positive and significant impact on Enterpreneurial intension. Suggestion from this research is student need to improve and develop ability in entrepreneurship like start planning business. As for the next research is suggested to expand other research variables such as internal and external variables.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensi Berwirausaha, Self Efficacy, Pendidikan Kewirausahaan, Kecerdasan Emosional Entrepreneurial intensions, Self Efficacy, Entrepreneurship Education, Emotional Intelligence
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 13 Apr 2018 13:02
Last Modified: 13 Apr 2018 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30744

Actions (login required)

View Item View Item