PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG SOSIALISASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI OLEH BPBD PROVINSI JAWA TENGAH


Haris Wibisono , 2411411013 (2017) PERANCANGAN VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG SOSIALISASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI OLEH BPBD PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411411013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Gempa bumi juga merupakan bencana yang pasti terjadi di Indonesia, dan karena gempa bumi tidak dapat dicegah dan diprediksi maka mitigasi merupakan langkah keselamatan untuk mengurangi jumlah korban yang diakibatkan oleh gempa bumi. Mitigasi Gempa Bumi bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang cara menghadapi gempa bumi dan tata caranya, karena gempa bumi tidak dapat dicegah maupun diprediksi. Proyek Studi ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan iklan layanan masyarakat berupa video berisi sosialisasi mitigasi gempa bumi oleh BPBD provinsi Jawa Tengah. Target audiens pada ILM ini mempunyai jangkauan masyarakat di Provinsi Jawa Tengah, dengan target primer yaitu dalam lingkup keluarga, sedangkan target sekunder yaitu masyarakat pengguna internet terutama pengguna situs youtube. Tahapan berkarya video iklan layanan masyarakat ini adalah sebagai berikut, preliminary plan: Riset/Pengumpulan data (Bab 1), Analisis Kebutuhan (Bab), Tujuan (Bab 1), Penetapan konsep (Bab 3), Strategi pemasaran (Bab 3). Selanjutnya pre production: Penulisan Naskah, rough sketch, penulisan storyboard, musik, casting. Kemudian Production : take video, pembuatan asset 3D, animation, editing, compositing, rendering. Selanjutnya pasca production : penggandaan, pameran, publikasi. Preancangan ini berbentuk video explainer, dan menggunakan video dan animasi 3D sebagai dasarnya. Menghasilkan 5 sequen dan 15 scene dengan durasi utama 90 detik. Tetapi ada pula versi 30 detik untuk ditempatkan pada media televisi. Dalam aspek bahasa rupa menggunakan tata ungkap yang menyatakan ruang dengan mengunakan background putih abu-abu. Pengambilan sederhana seperti tampak depan, dan tampak samping disertai dengan pengambilan sudut pandang normal mata manusia pada sebagian besar scene dan hanya sedikit pengambilan dengan mata elang. Peralihan scene atau tata ungkap luar menggunakan cut in dan fade in. Dari aspek pesan ILM ini menggunakan jenis pesan informatif, persuasif dan pengingat. Gaya pesan yang digunaka adalah animasi, dan demonstrasi. Serta mengunakan daya tarik pesan yaitu daya tarik rasa takut. Dari aspek estetis ILM ini menggunakan urutan hirarki visual yang terdapat pada setiap scene yaitu obyek yang muncul pertama adalah hirarki pertama dan obyek yang muncul kedua menjadi hirarki kedua dan seterusnya. Dari aspek komposisi menggunakan teknik asimetris dan simetris. Point of interest biasanya menggunakan warna yang mencolok yaitu oranye.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mitigasi, Iklan Layanan Masyarakat, Video explainer, Animasi, Sinematografi
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 11 Apr 2018 18:39
Last Modified: 11 Apr 2018 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30739

Actions (login required)

View Item View Item