PERANCANGAN GAME EDUKASI “MATHEMATICATS” SEBAGAI MEDIA EVALUASI MATERI PERHITUNGAN MATEMATIKA DASAR BAGI SISWA SEKOLAH DASAR 1, 2 DAN 3


MUHAMMAD NASIRUL UMAM , 2411410057 (2017) PERANCANGAN GAME EDUKASI “MATHEMATICATS” SEBAGAI MEDIA EVALUASI MATERI PERHITUNGAN MATEMATIKA DASAR BAGI SISWA SEKOLAH DASAR 1, 2 DAN 3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411410057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (755kB) | Preview

Abstract

Matematika memiliki banyak manfaat penting bagi perkembangan anak. Melalui konsep perhitungan matematika, anak-anak dapat belajar berfikir logis, analitis dan kreatif serta belajar memecahkan masalah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun begitu, matematika menjadi mata pelajaran yang dianggap paling sulit bagi sebagian besar siswa. Hal tersebut ditunjukkan adanya hasil evaluasi belajar siswa yang kurang memuaskan dalam mata pelajaran matematika di tingkat dasar. Proses belajar yang kurang interaktif dan menarik bagi siswa menjadi salah satu penyebab masalah tersebut. Media pembelajaran dalam bentuk game edukasi menjadi salah satu solusi yang diwujudkan melalui proyek studi ini. Konsep game edukasi diambil berdasarkan pada kebutuhan klien, kemampuan game edukasi sebagai penghubung keinginan orang tua dan anak-anak, serta kemampuan game dalam menjangkau target yang lebih luas. Secara garis besar proses pembuatan game dalam Proyek Studi ini melalui empat tahap yaitu: (1) tahap Preliminary Planning, (2) tahap Pra Produksi, (3) tahap Produksi (tahap pembuatan game) dan (4) tahap Pasca Produksi. Proyek studi ini menghasilkan karya game edukasi Mathematicats yang dapat digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran materi perhitungan matematika dasar anak-anak usia kelas 1, 2 dan 3. Game edukasi ini terdiri dari 72 soal yang terbagi dalam tiga level yaitu easy, medium dan hard dengan berdasar pada standar kompetensi materi bilangan pada KTSP. Game edukasi ini telah diikutkan dalam beberapa kegiatan dan telah dirilis secara gratis di Google Play. Game edukasi Mathematicats juga telah diuji coba kepada beberapa anak. Diharapkan dengan adanya game edukasi Mathematicats, anakanak bisa lebih bersemangat dalam belajar perhitungan matematika dasar dan hasil evaluasi belajar mereka khususnya dalam mata pelajaran matematika menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Game Edukasi, Media Evaluasi, Matematika, Anak-anak
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 11 Apr 2018 18:28
Last Modified: 11 Apr 2018 18:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30736

Actions (login required)

View Item View Item