PENGARUH FASILITAS BELAJAR, RELASI TEMAN SEBAYA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IIS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 DEMAK TAHUN AJARAN 2016/2017
Rizka Meliani , 7101413384 (2017) PENGARUH FASILITAS BELAJAR, RELASI TEMAN SEBAYA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IIS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 3 DEMAK TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (681kB) | Preview |
Abstract
Kesulitan belajar adalah kondisi dimana proses belajar belajar tidak dapat berjalan dengan semestinya karena terjadi hambatan-hambatan didalam proses belajar mengajar. Hambatan tersebut dapat berupa hambatan internal dan hambatan eksternal siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh fasilitas belajar, relasi teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi baik secara simultan mapun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 3 Demak tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 130 siswa. Dengan sampel penelitian adalah sampel jenuh yang artinya semua populasi dijadikan sampel. Variabel penelitian ini adalah kesulitan belajar (Y), fasilitas belajar (X1), relasi teman sebaya (X2) dan lingkungan keluarga (X3). Metode pengambilan data menggunakan kuisioner dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dan signifikan antara fasilitas belajar, relasi teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar. Fasilitas belajar berpengaruh sebesar 4,75% terhadap kesulitan belajar, relasi teman sebaya berpengaruh 3,2% terhadap kesulitan belajar, lingkungan keluarga berpengaruh 5,1% terhadap kesulitan belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh secara parsial maupun simultan antara fasilitas belajar, relasi teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap kesulitan belajar hendaknya (1) sekolah meningkatkan fasilitas belajar seperti buku penunjang, memperbanyak buku di perpustakaan dan membangun ruang belajar yang nyaman dengan pencahayaan yang cukup dan ventilasi yang cukup, (2) siswa dapat membangun relasi yang positif antar teman sebaya sehingga dapat mengurangi kesulitan belajar mereka, dan (3) siswa dapat membangun keharmonisan keluarga dan keluarga memberikan rasa aman dan nyaman sehingga siswa dapat mengurangi masalah kesulitan belajar mereka disekolah dan merasa nyaman untuk belajar dirumah. The difficulty in learning is a condition where the learning process cannot run as it should be because there are obstructions in the teaching and learning process. That obstruction could be internal and external. The aim of this study us to know the effect of learning facility, peer relation and family environment to the difficulty in learning economics either simultaneously or partially. The population of this study is all students of XI IIS in SMA Negeri 2 Demak in the academic year of 2016/2017 with the total of 130 students. The sample of this study is saturation sampling which means all the populations are used as a sample. The variables are difficulty in learning (Y), learning facility (X1), peer relation (X2) and family environment (X3). The data collection method used questionnaire with the data analysis using descriptive analysis and multiple regression test. The result of the study showed that there is a effect and significance between learning facility, peer relation and family environment to the difficulty in learning. The learning facility has an effect of 4,75%, peer relation has an effect of 3,2%, and family environment has an effect of 5,1% to the difficulty in learning. The conclusion of this study is that there is a relation either simultaneously and partially between learning facility, peer relation, and family environment to the difficulty in learning should be (1) the school improve the learning facility such as books, reproduce books in library and build a comfortable room to study with adequate lighting and ventilation, (2) the students can create a positive relation between peers to reduce the learning difficulty, and (3) the students can build the harmony of their family and the family give a feeling of safe and comfortable so that the students can reduce their learning difficulty at school and feeling comfortable to study at home.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Fasilitas Belajar, Relasi Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga. Learning Difficulties, Learning Facility, Peer Relations, Family Environment |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 16:59 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 16:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30731 |
Actions (login required)
View Item |