PENGARUH BRAND IMAGE, MOTIVASI DIRI DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP KEPUTUSAN MELANJUTKAN STUDI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016
Puput Isnaini Choeriah , 7101413375 (2017) PENGARUH BRAND IMAGE, MOTIVASI DIRI DAN KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP KEPUTUSAN MELANJUTKAN STUDI DI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (880kB) | Preview |
Abstract
Keputusan melanjutkan studi adalah tindakan yang dilakukan atas petimbangan dan tingkat keyakinan terhadap keputusan yang diambilnya. Seseorang yang memutuskan melanjutkan studi akan dihadapkan dengan berbagai faktor yang melatarbelakangi keputusan tersebut. Permasalahan yang terjadi adalah adanya kecenderungan penurunan mahasiswa yang melakukan daftar ulang di Fakultas Ekonomi UNNES. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan brand image, motivasi diri dan kondisi sosial ekonomi orangtua terhadap keputusan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNNES angkatan 2016 sebanyak 918 mahasiswa, dengan sampel penelitian 90 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi Y= 5,224 + 0,526X1 + 0,166X2 + 0,323X3. Secara parsial brand image, motivasi diri dan kondisi social ekonomi otangtua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi dengan nilai masing-masing sebesar 50,12%, 5,95% dan 10,3%. Brand image, motivasi diri dan kondisi sosial ekonomi orangtua secara simultan berpengaruh terhadap keputusan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi dengan kontribusi sebesar 55,5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh brand image, motivasi diri dan kondisi sosial ekonomi orangtua terhadap keputusan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi. Saran untuk kedepannya, perlu ditingkatkan motivasi diri pada mahasiswa sehingga keputusan untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi semakin meningkat. A person’s decision to continue their education at college is an action taken on the judgment and level of confidence in the decisoins he or she makes. Someone who decided to continue their education at college, will be confronted with various factors which are underlying their decisions. Problems that occur is the tendency of student dropouts who do re-register in the Faculty of Economics UNNES.This study aims to describe the influence of the brand image, self-motivation and parents’ socio-economic condition to the decisions of continuing study at college on the students of Faculty of Economics, UNNES. The population of this study is amounting 918 students of Faculty of Economics in academic year of 2016, UNNES, with a sample of 90 students. This study used a quantitative approach using questionnaires as the data collection method. The methods of analysis used in this study are descriptive statistics analysis and multiple linear regression analysis. In the results of this study obtained the regression equation Y = 5.224 + 0.526X1 + 0.166X2 + 0.323X3. Brand image, self-motivation and parents’ socio-economic condition have a positive and significant influence to the decision of continuing study at college with a value of 50.12%, 5.95% and 10.3%. Brand image, self-motivation and parents’ socio-economic condition simultanously influence to the decisoin of continuing study at college with a contribution of 55,5%. Based on the results of this study, it can be concluded that there are effect of brand image, self-motivation and parents’ socio-economic condition to the decision of continuing study at college. Suggestion for the students, they need to improve their self-motivation so that their decision to continue study in college is increasing.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan melanjutkan studi, Brand Image, Motivasi Diri, Kondisi Sosial Ekonomi Orangtua. the decision of continuing study, brand image, self-motivation, parents’ socio-economic condition. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 11 Apr 2018 11:57 |
Last Modified: | 11 Apr 2018 11:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30716 |
Actions (login required)
View Item |