PERANCANGAN VISUAL BRANDING CLOTHING LINE “BALLAD FROM DARKNESS” SOLO
Danang Akhirudin , 2411410026 (2017) PERANCANGAN VISUAL BRANDING CLOTHING LINE “BALLAD FROM DARKNESS” SOLO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (834kB) | Preview |
Abstract
Ballad From Darkness Solo merupakan usaha clothing line yang berdomisili di Solo dan berdiri sejak tahun 2013. Sesuai namanya Ballad From Darkness yang berarti cerita dari kegelapan, clothing line ini menawarkan desaindesain yang menggambarkan kegelapan dan kental dengan nuansa horor. Perlunya dilakukan perancangan ulang identitas visual untuk membangun citra produk dan mampu bersaing dengan kompetitornya. Tujuan proyek studi ini adalah menghasilkan identitas visual berupa logo dan diaplikasikan ke beberapa media komunikasi disajikan dalam beberapa kategori bentuk, yaitu Kemasan, Stationery Sets, Katalog Produk, dan Poster. Dalam proses perancangan ulang identitas visual melalui beberapa tahapan proses berkarya dengan urutan proses preliminary, proses pra-produksi, proses produksi dan proses pasca produksi. Perancangan ulang ini mengusung konsep horor, modern dan elegan yang dirumuskan dalam creative brief. Pemilihan media dalam perancangan ulang identitas visual dan aplikasinya pada media komunikasi disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Konsep horor, modern dan elegan pada desain corporate identity dan media komunikasi lainnya diimplementasikan dengan bentuk media yang dapat mencerminkan kesan elegan serta kesan modern diimplementasikan pada tatanan layout serta pemilihan warna pada proyek perancangan ulang identitas visual. Berdasarkan hal tersebut, maka identitas visual yang dibuat berupa logo kemudian diaplikasikan pada beberapa media komunikasi yaitu; kemasan; stationery sets; katalog produk; dan poster. Dengan dirancangnya identitas visual dan aplikasinya pada media komunikasi ini untuk membangun citra produk agar sesuai dengan segmentasi pasar dan bersaing dengan kompetitornya. Disebabkan kualitas produk Ballad From Darkness Solo yang telah melekat di hati para pelanggan hendaknya dapat dikomunikasikan kepada masyarakat dan menjadi nilai tambah dan membuat suatu brand atau clothing line Ballad From Darkness Solo mencapai level yang lebih tinggi, serta memenuhi kebutuhan dan loyalitas konsumen atau pelanggan karena sebuah tampilan atau identitas produk akan sangat menentukan keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Identitas Visual, Media Komunikasi, Ballad From Darkness Solo |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > ND Painting N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 10 Apr 2018 12:50 |
Last Modified: | 10 Apr 2018 12:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30699 |
Actions (login required)
View Item |