PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGETAHUAN SISTEM PENCERNAAN TUBUH BAGI SISWA SEKOLAH DASAR


Abdi Wibowo Ma'arif, 2411314006 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGETAHUAN SISTEM PENCERNAAN TUBUH BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411314006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, perkembangan teknologi berjalan begitu pesat menyebar dan berintegrasi dengan disiplin ilmu lainnya memudahkan berbagai hal termasuk dunia pendidikan. Pada usia anak-anak merupakan kesempatan besar untuk dikenalkan banyak hal agar nantinya mereka memiliki bekal pengetahuan yang beragam dan memiliki kesempatan besar untuk meraih mimpinya. Namun didapati ketika di dalam kelas kebanyakan guru mengajar dengan metode konvensional dan dilakukan dengan cara yang sama secara terus menerus. Dikhawatirkan peserta didik menjadi jenuh dan mengakibatkan ketidaktertarikan terhadap pelajaran. Proses belajar mengajar memerlukan media alternatif sebagai inovasi yang dapat mengatasi hal tersebut. Tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran sebagai alternatif dalam pengajaran ilmu pengetahuan terhadap anak-anak. Materi pembelajaran yang diangkat dari media pembelajaran bernama Learn Fun ini adalah salah satu materi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yaitu tentang sistem pencernaan pada tubuh manusia. Pemilihan materi tersebut didasari oleh bentuk materi yang tergolong memiliki penjelasan yang rumit bagi siswa Sekolah Dasar sehingga membutuhkan media yang dapat mempermudah pemahaman siswa. Proses pembuatan media pembelajaran ini melalui beberapa tahapan perancangan meliputi : (1) Preliminary (design treatment) antara lain penentuan ide dan analisis target audience, perancangan materi (2) Production (visual develompment phase) antara lain penentuan tone and manner, pembuatan logo, perancangan karakter, Graphic User Interface (GUI), pemilihan tipografi, Application map, programming phase (pembuatan kode pemrograman), dan (3) Post Production meliputi testing phase dan evaluasi. Tugas akhir ini telah menghasilkan produk media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam mengenai sistem pencernaan tubuh manusia dengan bentuk multimedia interaktif, website, dan merchandise sebagai media alternatif meningkatkan daya tarik siswa terhadap ilmu pengetahuan. Penggunaan website sebagai media distribusi dinilai dapat menjangkau penyebaran secara luas dengan waktu yang relatif cepat asalkan terdapat fasilitas yang mendukung. Sedangkan sumber pendapatan dalam perancangan ini dapat dilakukan dengan penawaran pemasangan iklan banner pada website dan penawaran kepada agen-agen publisher yang mendukung produk-produk sejenis. Harapan penulis media pembelajaran ini dapat bermanfaat baik kepada anak-anak, orang tua, tenaga pengajar maupun pihak lain yang telah mencoba mengoperasikan media tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media pembelajaran, sekolah dasar, multimedia interaktif, sistem pencernaan tubuh manusia, ilmu pengetahuan alam
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 10 Apr 2018 11:47
Last Modified: 10 Apr 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30687

Actions (login required)

View Item View Item