PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK PADA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH SAPU GLAGAH DI KABUPATEN PURBALINGGA


Awaludin , 7311413130 (2017) PENGARUH ORIENTASI PELANGGAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK PADA INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH SAPU GLAGAH DI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413130.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja pemasaran merupakan hal penting pada industri kecil dan menengah, dengan adanya kinerja pemasaran yang baik maka penjualan akan semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegetahui apakah orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, serta mengetahui apakah inovasi produk mampu memediasi orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku industri kecil dan menengah sapu glagah di Purbalingga sebanyak 35 orang. Semua polulasi merupakan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur dengan bantuan program Statistik SPSS v21. Hasil penelitian menunjukan bawha orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran, selanjutnya inovasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa inovasi produk mampu memediasi hubungan antara orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Tinggi rendahnya orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan tidak mempengaruhi kinerja pemasaran pada industri kecil dan menengah sapu glagah di Kabupaten Purbalingga. Inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran sehingga dapat memediasi hubungan orientasi pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada industri kecil dan menengah sapu glagah di Kabupaten Purbalingga. Saran untuk industri kecil dan menengah sapu glagah di Kabupaten Purbalingga agar lebih berani lagi untuk melakukan inovasi produk sehingga tidak hanya memproduksi sapu sesuai pesanan pelanggan saja, selain itu melakukan promosi secara berkelanjutan dan meningkatkan pelayanan untuk mempertahankan pelanggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pelanggan, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:22
Last Modified: 26 Jun 2019 14:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30680

Actions (login required)

View Item View Item