PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU EKONOMI SMA DI KOTA CIREBON
Fina Ramadina Trijayanti , 7101413343 (2017) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPENSASI, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU EKONOMI SMA DI KOTA CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (615kB) | Preview |
Abstract
Motivasi Kerja Guru adalah dorongan untuk menggerakkan semangat guru agar perilaku mereka dapat diarahkan pada upaya nyata untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hasil wawancara dengan guru di beberapa sekolah di Kota Cirebon mengindikasikan bahwa masih ada beberapa guru kurang memiliki motivasi kerja yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan, kompensasi dan lingkungan kerja fisik terhadap motivasi kerja guru Ekonomi SMA Di Kota Cirebon. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik sampel jenuh, yakni mengambil seluruh anggota populasi untuk dijadikan sampel dengan jumlah 45 guru. Ada empat variabel yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan (X1), kompensasi (X2), lingkungan kerja fisik (X3), dan Motivasi Kerja Guru (Y) . Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan menggunakan program SPSS 21 diperoleh Y= 21.532 + 0,211 X1 + 0,582 X2 + 0,246 X3 + e. Hasil uji simultan diperoleh F hitung sebesar 25.828 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, maka berarti ada pengaruh secara simultan gaya kepemimpinan, kompensasi, dan lingkungan kerja fisik terhadap motivasi kerja guru Ekonomi SMA di Kota Cirebon. Simpulan dalam penelitian ini yaitu secara parsial maupun secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan, kompensasi, dan lingkungan kerja fisik terhadap motivasi kerja guru Ekonomi SMA di Kota Cirebon. Saran bagi penelitian ini adalah sebaiknya kepala sekolah apabila membuat kebijakan secara musyawarah dan memperhatikan masukan dari warga sekolah, pihak sekolah lebih memperhatikan kompensasi mengenai ketepatan waktu dalam pemberian tunjangan dan insentif pada guru, dan sekolah menerapkan kebijakan bahwa tidak membuat suara bising kendaraan di lingkungan sekolah pada saat kegiatan belajar mengajar di mulai sehingga tidak menggangu konsentrasi guru maupun murid. Teachers work motivation is the drive to move the spirit of teachers so that their behaviour can be directed at real effort to achieve the goals that have been set. The results of the interviews with the teachers in some schools in Cirebon indicate that there are still some teachers have less motivation to work-hard. Therefore, this research aims to find out whether there is the influence of leadership style, physical work environment and compensation to the work motivation of high school economics teachers in Cirebon. Sampling technics in the research was saturated samples, technics it took the whole population with a total of 45 teachers. There are four variables that will be examined in this research they are leadership style (X1), compensation (X2), physical work environment (X3), and work motivation of teachers (Y). After calculating using the SPSS program 21, it is resulted that Y= 21.532 + 0,211 X1 + 0,582 X2 + 0,246 X3 + e. Simultaneous test results obtained F count of 25.828 with 0.0000 < 0,05. it means there is a simultaneous influence of leaderships styles, compensation, and physical work environment to the work motivation of high school economics teachers in Cirebon. In short, partially and simultaneously there is a positive and significant influence among leadership style, compensation, and the physical work environment to the work motivation of high school economics teachers in Cirebon.The principal should make policies more conversationally then he should pay attention the school, staff the school should pay more attention to compensation regarding timeliness in the granting of allowances and incentives on teachers, and schools should policies that make no noise vehicles in the school environment at a time when teaching and learning activities at the start so as not to disturb the concentration of teachers as well as student.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Lingkungan Kerja Fisik , Motivasi Kerja Guru Leadership Styles, Compensation, Physical Working Environment, Work Motivation. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 13:30 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 13:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30665 |
Actions (login required)
View Item |