PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB BERBASIS PEMBELAJARAN ANTARBUDAYA SISWA KELAS VII MTS
Rahmah Khaerotin , 2303413006 (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB BERBASIS PEMBELAJARAN ANTARBUDAYA SISWA KELAS VII MTS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (560kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya buku ajar bahasa Arab untuk siswa kelas VII. Besarnya minat siswa untuk mempelajari bahasa Arab masih terkendala dengan kurang tersedianya buku ajar bahasa Arab berbasis pembelajaran antarbudaya. Padahal kebutuhan siswa tidak hanya mengenal bahasa tetapi juga mempelajari budayanya sendiri, dikarenakan pada dasarnya bahasa dan budaya saling berkaitan. Oleh karena itu, pengembangan buku ajar bahasa Arab berbasis pembelajaran antarbudaya sangat dibutuhkan. Supaya siswa secara tidak langsung mengenal budayanya sendiri melalui pembelajaran bahasa Arab. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana analisi kebutuhan guru dan siswa terhadap buku ajar bahasa Arab berbasis pembelajaran antarbudaya siswa kelas VII MTs, (2) bagaimana prototipe buku ajar bahasa Arab berbasis pembelajaran antarbudaya siswa kelas VII MTs, (3) bagaimana validasi ahli dan guru terhadap buku ajar bahasa Arab berbasis pembelajaran antarbudaya siswa kelas VII MTs. Manfaat dari penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa buku ajar bahasa Arab berbasis pembelajaran antarbudaya, menambah pengetahuan tentang pengajaran bahasa Arab khususnya dalam buku ajar bahasa Arab. Kemudian penelitian ini bisa dijadikan referensi dalam membuat buku ajar bahasa Arab berbasis pembelajaran antarbudaya yang lebih kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap lima, yaitu revisi setelah validasi ahli dan guru. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan buku ajar bahasa Arab berbasis pembelajaran antarbudaya siswa kelas VII MTs yang terdiri dari tiga tema yaitu ﺍﻟﻌﻨﻮﺍﻥ(alamat), ﺑﻴﺘﻲ (rumahku), ﻣﻦ ﻳﻮﻣﻴﺎﺕ ﺍﻷﺳﺮﺓ (keseharian keluarga). Kedua, prototipe buku ajar dikembangkan dengan tiga bagian meliputi (a) fisik buku ajar terdiri dari bentuk dan ukuran buku, desain sampul; (b) bagian awal; (c) bagian isi, terdiri dari kosakata, materi, tata bahasa, dan latihan. Ketiga, penilaian aspek isi memeroleh nilai 82,67 dari guru dan 86,17 dari ahli. Pada aspek penyajian memeroleh nilai 82,36 dari guru dan 84,18 dari ahli. Pada aspek bahasa, memeroleh nilai 77,96 dari guru dan 85,39 dari ahli. Pada aspek audio memeroleh nilai 86 dari guru dan 87 dari ahli. Aspek tema buku ajar memeroleh 85 dari guru dan 85,61 dari ahli. Sementara itu, pada aspek kegrafikan memeroleh nilai 83,98 dari guru dan 82,86 dari ahli.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Ajar, Budaya, Siswa kelas VII |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 12:36 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 12:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30662 |
Actions (login required)
View Item |