PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI USAHA KERAJINAN DAN AKSESORI TALI SEPATU GREENAPPLE KEBUMEN


Daniel Kukuh Wibisono , 2411314003 (2017) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI USAHA KERAJINAN DAN AKSESORI TALI SEPATU GREENAPPLE KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411314003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (803kB) | Preview

Abstract

Identitas sebuah perusahaan merupakan suatu hal yang terpenting, karena identitas adalah sebagai penanda dan pembeda dengan perusahaan lain. “Greenapple Accessoris” termasuk jenis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang memproduksi dan menjual berbagai jenis kerajinan aksesoris tali sepatu, antara lain gantungan kunci, bando, jepit rambut, jam tangan, karet rambut, gelang, dan lain – lain yang terbuat dari tali sepatu. Usaha ini berlokasi di Kebumen. Usaha kreatif ini mulai dirintis sejak tahun 2011. Permasalahan dalam UMKM adalah masih kurangnya kesadaran tentang akan pentingnya brand awareness dan manajemen promosi, dan juga semakin meningkatnya pesaingan dalam dunia bisnis, maka “Greenapple Accessoris” membutuhkan suatu rancangan identitas visual yang nantinya akan diaplikasikan pada media promosi. Kontribusi perancangan tersebut di atas bertujuan untuk meningkatkan citra pelaku usaha dan meningkat omset penjualan produk. Perancangan identitas visual ini melalui beberapa tahap berkarya dengan urutan : pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pemilihan media dalam perancangan identitas visual perusahaan disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran biaya pengeluaran perusahaan. Konsep perancangan identitas visual dan pengaplikasiannya pada media promosi “Greenapple Accessoris” adalah simpel dan membuat orang tertarik, sesuai citra produk yang ingin ditampilkan. Berdasarkan analisis tersebut, maka desain yang akan dirancang sebagai media promosi adalah kemasan, brosur, seragam karyawan, stationary, merchandise, situs website, dan media sosial. Tugas akhir ini telah menghasilkan rancangan desain identitas visual dan aplikasinya pada media promosi bagi “Greenapple Accessoris” berupa kemasan, brosur, seragam karyawan, stationary, merchandise, situs website, media sosial untuk dipergunakan sebagai media yang menarik untuk menampilkan citra produk sehingga dapat membangun citra positif pada masyarakat yang membaca dan melihat. Harapan penulis agar hal ini dapat memberikan dampak yang positif untuk pemilik usaha dalam memasarkan produknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perancangan, Identitas Visual, Promosi, Akesori, Kerajinan, Tali Sepatu, Logo.
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > Information and Computer > Website
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 06 Apr 2018 17:36
Last Modified: 06 Apr 2018 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30652

Actions (login required)

View Item View Item