PENGARUH BAKAT MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 SEMARANG
Yuni Hawari Umnia , 2503405514 (2010) PENGARUH BAKAT MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH BAKAT MUSIK TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 SEMARANG)
- Published Version
Download (534kB) | Preview |
Abstract
Setiap individu mempunyai bakat musik yang berbeda-beda, karena menurut peneliti bakat musik sangat berpengaruh pada kemampuan dalam berbagai bidang. Peneliti merasa bahwa setiap siswa yang dapat memainkan alat musik atau memiliki bakat musik berpengaruh terhadap rata-rata hasil belajar mata pelajaran yang lain. peneliti berasumsi bahwa setiap individu memiliki tingkatan bakat yang berbeda-beda, serta ada sebuah hubungan yang terkait antara bakat siswa bermain musik dengan kemampuan siswa dalam belajar sains yang dilihat dari hasil belajar seni musik dan juga hasil belajar sains. Berdasarkan latar belakang tersebut ada permasalahan yang ingin diteliti yaitu apakah ada pengaruh, hubungan dan seberapa besar kontribusi bakat musik terhadap hasil belajar sains siswa SMP Negeri 24 Semarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui Pengaruh, hubungan dan kontribusi bakat musik terhadap hasil belajar sains siswa SMP Negeri 24 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dan regresi. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif, selanjutnya datanya berwujud angka-angka hasil perhitungan atau pengukuran (Arikunto, 1996: 23). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Semarang Teknik Sampling dalam penelitian ini nanti menggunakan system proportional random sampling. Hasil uji keberartian persamaan regresi diperoleh Fhitung sebesar 139,62 pada taraf kesalahan 5% dengan dk (1: 46) diperoleh Ftabel sebesar 4,052. Berdasarkan hasil uji F karena nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (139,62 > 4,052) maka ada pengaruh yang signifikan antara bakat musik dengan hasil belajar sains pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Hasil analisis korelasi diperoleh besarnya koefisien korelasi sebesar 0,87. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa rxy yang diperoleh sebesar 0,87 sedangkan pada r tabel dengan N = 48 sebesar 0,284. Karena nilai r hitung > r tabel (0,87 > 0,284) maka terdapat hubungan yang signifikan antara bakat musik dengan hasil belajar sains pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Besarnya koefisien korelasi tersebut menunjukkan hubungan bakat musik dengan hasil belajar sains sebesar 0,7522 sedangkan bila dicari pengaruhnya (determinat) antara hubungan bakat musik dengan hasil belajar sains sebesar 0,7522 atau 75,22% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 24,78% diluar penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: hasil analisis deskriftif persentase bakat musik dapat dilihat bahwa hampir 65,84% termasuk dalam kategori cukup. Hasil analisis deskriptif persentase hasil belajar sains dapat dilihat hampir 77% termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian pada analisis uji keberartian regresi maka dapat disimpulkan ada pengaruh atau kontribusi antara bakat musik dengan hasil belajar sains siswa SMP Negeri 24 Semarang, Berdasarkan hasil penelitian pada analisis korelasi maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara bakat musik dengan hasil belajar sains siswa SMP Negeri 24 Semarang serta besarnya sumbangan atau kontribusi bakat musik terhadap hasil belajar sains siswa SMP Negeri 24 Semarang sebesar 75,22%. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah kepada guru seni musik diharapan memberikan latihan-latihan yang maksimal kepada siswa-siswa yang memiliki bakat musik untuk dikembangan ke profesional berupa latihan menyanyi, latihan bermain alat musik, latihan membaca notasi balok, angka, huruf maupun solmisasi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bakat Musik dan Hasil Belajar Sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2011 01:44 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3061 |
Actions (login required)
View Item |