PENGEMBANGAN TEKNIK PERMAINAN PINBALL ARABIC UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWAKELAS VII DI KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2016/2017


Rosikin , 2303411004 (2017) PENGEMBANGAN TEKNIK PERMAINAN PINBALL ARABIC UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWAKELAS VII DI KABUPATEN BREBES TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303411004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (452kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari badan pusat statistic (BPS), salah satu permasalahan siswa adalah kesulitan dalam pembelajaran membaca yang disebabkan oleh minat baca siswa sangat sedikit. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan minat baca siswa. Salah satunya dengan Media Pinball Arabic. Ada beberapa kelebihan dari media Pinball Arabic dibandingkan dengan metode konvensional. Salah satu kelebihan utama media Pinball Arabic adalah terdapat rute belajar yang dapat menuntun siswa dalam memahami materi pelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap media Pinball Arabic untuk keterampilan membaca bahasa Arab, (2) mendeskripsikan gambaran prototipe media Pinball Arabic, (3) mengetahui validitas ahli dan guru terhadap produk media Pinball Arabic untuk keterampilan membaca bahasa Arab dengan kelas uji coba adalah kelas VII MTs Negeri Model Brebes dan MTs Muhammadiyah Wanasari. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa berdasarkan materi yang sudah diajarkan. Alat data non tes yang digunakan berupa wawancara, observasi siswa terhadap kecepatan pemahaman, kreativitas, dan hasil belajar, serta angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media Pinball dan dokumentasi foto. Hasil penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah media Pinball Arabic yang memuat SK dan KD, Kosakata, Bacaan, Tata Bahasa, dan Evaluasi. Pada media ini terdiri empat tema, yaitu Perkenalan (ﺗﻌﺎﺭﻑ), Sekolah (ﻣﺪﺭﺳﺔ), Warna (ﻋﻨﻮﺍﻥ), Keluarga (ﺃﺳﺮﺓ), Rumah (ﺑﻴﺖ). Penilaian ahli media dan ahli materi menujukkan hasil kesesuaian pada aspek rekayasa perangkat lunak, komunikatif, visual, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pinball Arabic, Media, dan Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 02 Apr 2018 18:15
Last Modified: 02 Apr 2018 18:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30598

Actions (login required)

View Item View Item