KEEFEKTIFAN MODEL KONSEP KALIMAT DENGAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF TENTANG PERISTIWA BUDAYA PADA KELAS 7 SMP N 1 AMBARAWA


Evi Wijayanti, 2601413061 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL KONSEP KALIMAT DENGAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF TENTANG PERISTIWA BUDAYA PADA KELAS 7 SMP N 1 AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601413061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (533kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan kemampuan menulis teks deskriptif peristiwa budaya antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model konsep kalimat dan media flash card dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model konsep kalimat dan media flash card. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran konsep kalimat dan media flash card dalam pembelajaran menulis teks deskriptif tentang peristiwa budaya pada siswa VII SMP Negeri 1 Ambarawa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design yaitu Nonequivalent Control Group Design. Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitain ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa model konsep kalimat dan media flash card dan variabel terikat berupa kemampuan menulis teks deskriptif tentang peristiwa budaya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa. Pengambilan sampel dengan teknik sampling purposive, diperoleh kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan VII A sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknis tes siswa menulis teks deskriptif tentang peristiwa budaya. Teknik nontes peneliti mengamati perilaku siswa selama pembeljaran Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan reliabilitas. Simpulan penelitian ini yiatupertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks deskriptif yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model konsep kalimat dan media flash card dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model konsep kalimat dan media flash card. Kedua, model pembelajaran konsep kalimat dan media flash card efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskriptif tentang peristiwa budaya. Sekolah dan guru diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran konsep kalimat dan media flash card pada pembelajaran bahasa Jawa untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa. Panaliten iki nduwe tujuan ngerteni bedane kewasisane nulis karangan dheskriptif prastawa budaya antarane siswa sing melu piwulangan nggunakake modhel konsep kalimat lan medhia flash card karo siswa sing melu piwulangan ora nggunakake modhel konsep kalimat lan medhia flash card. Saliyane kuwi, panaliten iki uga nduwe tujuan nguji efektivitas modhel piwulangan konsep kalimat lan media flash card ing piwulangan nulis karangan dheskriptif babagan prastawa budaya tumrap siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa. Dhesain panaliten sing digunakake yaiku quasi experimental design sing Nonequivalent Control Group Design. Variabele panaliten iki ana loro, yaiku variabel bebas arupa model konsep kalimat lan media flash card karo variabel terikat arupa kewasisane nulis teks dheskriptif babagan prastawa budaya. Populasi ing panaliten iki yaiku siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa. Sampel dijupuk nganggo teknik sampling purposive, lan asile kelas VII C minangka kelas eksperimen lan VII A minangka kelas kontrol. Dhata dikumpulke nganggo teknik tes lan nontes. Teknik tese wujude biji nulis karangan dheskriptif babagan prastawa budaya.Teknik nontese wujude sikap siswa ing piwulangan. Validhitase instrumen yaiku validhitas isi lan reliabilitas. Asiling panalitien sepisan, ana bedane kewasisane nulis karangan dheskriptif sing signifikan antarane siswa sing wulangane ngganggo modhel konsep kalimat lan medhia flash card karo siswa sing wulangane ora nganggo modhel konsep kalimat lan medhia flash card. Kapindho, modhel konsep kalimat lan media flash card efektif digunakake ing piwulangan nulis teks dheskriptif ngenani prastawa budaya. Sekolah lan guru kaajab bisa ngetrepake lan ngembangake modhel konsep kalimat lan medhia flash card tumrap piwulangan basa Jawa kanggongundhakake kewasisane nulis karangan siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model konsep kalimat, media flash card, menulis teks deskriptif, efektif, modhel konsep kalimat, medhia flash card, nulis karangan dheskriptif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2018 16:17
Last Modified: 04 Apr 2019 17:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30584

Actions (login required)

View Item View Item