REDESAIN IDENTITAS VISUAL UMKM MEKAR JAYA CEPU


Dadik Akbar Putra, 2411312005 (2017) REDESAIN IDENTITAS VISUAL UMKM MEKAR JAYA CEPU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411312005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (448kB) | Preview

Abstract

Dalam ruang lingkup industri pangan, identitas visual merupakan cerminan dari perusahaan tersebut. Visual yang baik dapat menyampaikan keseluruhan dari tampilan komunikasi, serta memiliki arti dari konsep yang diangkat. Di suatu titik sebuah perusahaan akan membutuhkan sebuah identitas visual yang baru karena jika tidak perusahaan tersebut akan semakin tertinggal dalam kompetisi. Redesain identitas visual ini dilakukan sebagai bentuk dari perbaikan citra dari UMKM Mekar Jaya agar menjadi lebih baik dengan membuat penyesuaian yang sesuai. Tujuan utama pembuatan tugas akhir ini adalah menghasilkan rancangan ulang identitas visual dari UMKM Mekar Jaya Cepu berupa logo. Kemudian logo diaplikasikan pada beberapa media promosi yaitu packaging, kartu nama, kop surat, amplop surat, blocknote, ballpoint, nota, gantungan kunci dan pin, dan jam dinding. Rancangan ulang tersebut diproyeksikan dapat mengubah dan memperbaiki citra perusahaan agar lebih baik, serta memberikan pengaruh positif kepada konsumen. Proses penciptaan karya meliputi: (1) tahap preliminary antara lain gagasan berkarya, riset meliputi wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi dan proses analisis data meliputi analisis kebutuhan klien, target audience, dan penetapan tujuan; (2) tahap pra produksi meliputi pembuatan rough skect dan alternatif desain; (3) tahap produksi meliputi proses komputerisasi, konsultasi dosen pembimbing dan persetujuan klien, revisi dan penyempurnaan karya, pencetakan; (4) tahap paska produksi meliputi pengecekan dan penyajian karya. Tugas Akhir telah menghasilkan rancangan ulang identitas visual dari UMKM Mekar Jaya Cepu berupa logo. Konsep dari pembuatan logo baru yaitu modern, sederhana, dan mencerminkan dari perusahaan “UMKM Mekar Jaya”, serta pergantian warna agar terlihat lebih segar dan menarik perhatian. Hasil redesain logo diaplikasikan ke dalam packaging, stasionary set dan merchandise. Konsep dari pembuatan packaging yaitu modern dan elegan. Pentingnya kesatuan visual pada packaging bertujuan agar ketika dilihat akan membuat nyaman dipandang oleh mata dan menjadi ciri khas tersendiri bagi sebuah perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Redesain, Identitas Visual, UMKM Mekar Jaya Cepu
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2018 15:23
Last Modified: 04 Apr 2019 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30566

Actions (login required)

View Item View Item