ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BANTU ASPEK “


Noor Ainiyah Satriani, 2404413026 (2017) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA BANTU ASPEK “. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404413026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (325kB) | Preview

Abstract

Kata bantu adalah kata yang melekat pada kata, gabungan kata, atau kalimat yang menunjukkan sebagai tambahan untuk menambah arti atau kata bantu struktur yang berhubungan. Dalam bahasa Mandarin terdapat 3 jenis kata bantu, salah satunya adalah kata bantu aspek. Kata bantu aspek memiliki makna yang hampir sama, tetapi penggunaannya berbeda, sehingga mahasiswa semester IV sering mengalami kesalahan menggunakan kata bantu aspek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penggunaan kata bantu aspek dan merumuskan solusi untuk mengurangi kesalahan penggunaan kata bantu aspek. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu dengan mendeskripsikan kesalahan penggunaan kata bantu aspek yang dilakukan oleh mahasiswa, setelah itu penulis menghitung tingkat kesalahan penggunaan kata bantu aspek untuk mengetahui persentase kesalahan penggunaan kata bantu aspek. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui persentase kesalahan penggunaan kata bantu aspek adalah sebesar 42,72%. Kesalahan tersebut tergolong pada tingkat cukup rendah. Kesalahan yang sering terjadi adalah kesalahan fungsi tata bahasa. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan yaitu mempelajari fungsi tata kata bantu aspek dan memperbanyak latihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, bahasa Mandarin, kata bantu aspek
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2018 15:19
Last Modified: 04 Apr 2019 14:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30565

Actions (login required)

View Item View Item