PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PRAKTIKAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES


Faidatus Tsalis , 2302412010 (2017) PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA PRAKTIKAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302412010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (299kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang bertujuan melatih mahasiswa program studi kependidikan untuk menerapkan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan di tempat praktik, yaitu sekolah mitra. PPL dilaksanakan selama kurang lebih tiga bulan. Selama tiga bulan tersebut mahasiswa praktikan akan berinteraksi dengan seluruh warga sekolah, merasakan langsung bagaimana membuat rancangan pembelajaran, memilih dan menentukan media yang digunakan dalam proses pembelajaran, kemudian praktik mengajar secara langsung. Akan tetapi tidak jarang mahasiswa praktikan menghadapi masalah seperti kurang mampu berinteraksi dengan siswa, kurang maksimal dalam menyiapkan materi untuk proses pembelajaran, grogi ketika mengajar siswa dan lain-lain. Hal tersebut dapat mempengaruhi persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar mahasiswa praktikan, sehingga dapat pula menghambat tercapaianya tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dengan menyebarkan angket kepada siswa, diketahui bahwa ada penilaian positif dan ada pula penilaian negatif mengenai mahasiswa praktikan. Oleh karena itu, penulis mengadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar mahasiswa praktikan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 10% dari total siswa yang pernah diajar oleh mahasiswa praktikan di SMA N 1 Ungaran, SMA N 1 Salatiga, SMA N 5 magelang, SMA N 9 Semarang dan SMA N 1 kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar mahasiswa praktikan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes secara keseluruhan berada pada kategogi tinggi (69,24%). Dengan rincian, yang termasuk dalam kategori tinggi, yaitu 1) keterampilan bertanya (71,82%), 2) keterampilan memberi penguatan (77,72%), 3) keterampilan mengadakan variasi (85%), 4) keterampilan menjelaskan (82%), 5) keterampilan mengelola kelas (65,51%). Kemudian yang tergolong dalam kategori sedang, yaitu 1) keterampilan membuka dan menutup pelajaran termasuk (58,91%), 2) keterampilan membimbing diskusi (61,18%), 3) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan (63%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Keterampilan Mengajar, Mahasiswa Praktikan
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 22 Mar 2018 13:55
Last Modified: 22 Mar 2018 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30467

Actions (login required)

View Item View Item