PENGARUH FASILITAS BELAJAR, KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA, DAN LAYANAN ADMINISTRATIF SEKOLAH PADA KEPUASAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BATANG
Kantine Hayu Puspito , 7101413253 (2017) PENGARUH FASILITAS BELAJAR, KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA, DAN LAYANAN ADMINISTRATIF SEKOLAH PADA KEPUASAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (698kB) | Preview |
Abstract
Kepuasan belajar siswa terjadi apabila apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan yang dirasakan selama menjadi siswa di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa kepuasan belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Batang belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan maupun parsial antara fasilitas belajar, komunikasi guru dengan siswa, dan layanan administratif sekolah pada kepuasan belajar siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Batang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Batang sejumlah 227 siswa. 145 siswa dijadikan sampel penelitian yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling untuk mewakili seluruh siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan belajar siswa (Y), sedangkan variabel bebasnya meliputi fasilitas belajar (X1), komunikasi guru dengan siswa (X2), dan layanan administratif sekolah (X3). Metode pengumpulan data dengan angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji analisis uji hipotesis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan fasilitas belajar, komunikasi guru dengan siswa, dan layanan administratif sekolah berpengaruh pada kepuasan belajar siswa sebesar 26,1%. Secara parsial pengaruh fasilitas belajar pada kepuasan belajar siswa sebesar 4,12%, komunikasi guru dengan siswa pada kepuasan belajar siswa sebesar 6,01%, dan layanan administratif sekolah pada kepuasan belajar siswa sebesar3,09%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar, komunikasi guru dengan siswa, dan layanan administratif sekolah berpengaruh pada kepuasan belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran untuk kepala sekolah, diharapkan dapat memenuhi standar TUK (Tempat Uji Kompetensi) pada Laboratorium Administrasi Perkantoran. Guru sebaiknya dapat memberikan perhatian lebih kepada siswa. Pihak yang memberikan pelayanan diharapkan dapat menunjukkan sikap yang ramah dan dapat memberikan pelayanan yang baik. Dan bagi peneliti lain yang ingin meneliti dengan tema yang sejenis, disarankan untuk menggunakan alat ukur variabel lain. Customer satisfaction of student learning occurs when what is expected in accordance with the fact that felt for a student in the school. Based on the results of the first observation shows that the customer satisfaction of student learning Program Office Administration skills in SMK Negeri 1 Batang not maximum yet. The purpose of this research is to know whether there is a simultaneous influence or partially between learning facilities, teachers communication with students and school administrative services on the customer satisfaction of student learning Program Office Administration skills in SMK Negeri 1 Batang. The population in this research is all students Administration Skills Program offices in SMK Negeri 1 Batang consist 227 students. 145 students made research samples taken with the technique of proportionate stratified random sampling to represent all students Administration Skills Program Office. The dependent variables in this research is the customer satisfaction of student learning (Y), while the variables independent such as learning facilities (X1), teachers communication with students (X2), and school administrative services (X3). Data collection method with questionnaires. Technique of Data analysis that is used is a descriptive analysis of the precentage, test analysis of classical assumptions, regression analysis double linier, and test the hypothesis test analysis with the using of SPSS program. The results of this research showed that simultaneously learning facilities, teachers communication with students and school administrative services effect on students learning satisfaction of 26.1%. Partially the influence of learning facilities on the students learning satisfaction of 4.12%, teachers communication with students on the students learning satisfaction of 6.01%, and school administrative services on the students learning satisfaction of 3,09%. Based on the results of research, it can be concluded that the learning facilities, teachers communication with students and school administrative services effect on students learning satisfaction either simultaneously or partial. Suggestions for the head master of this school is expected to using the standard TUK (Place of the competence test) on Office Administration Laboratory. Teachers should be able to give more attention to the students. The person who provide services is must to be show a good personality and can provide services well. And for another researchers who want to research this same material, it is recommended to use another variables measuring.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Komunikasi Guru dengan Siswa, Layanan Administratif Sekolah, dan Kepuasan Belajar Siswa. Learning Facilities, Teachers Communication with Students, School Administrative Services, and Customer Satisfaction of Student Learning. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 22 Mar 2018 13:36 |
Last Modified: | 22 Mar 2018 13:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30461 |
Actions (login required)
View Item |