KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER V PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS DALAM MENULIS PENGALAMAN DALAM KALA LAMPAU


Agrina Viky Utami , 2301412035 (2017) KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER V PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS DALAM MENULIS PENGALAMAN DALAM KALA LAMPAU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301412035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (520kB) | Preview

Abstract

Menulis pengalaman yang telah lampau dalam bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa Prancis. Dikarenakan dalam bahasa Indonesia tidak ada perubahan kata kerja jika kala waktu berubah. Kala lampau dalam kalimat bahasa Indonesia hanya di tandai dengan adverbia, sudah, pernah, dan keterangan waktu lampau. Sedangkan dalam bahasa Prancis, menulis pengalaman kala lampau cukup sulit, karena bahasa Prancis merupakan bahasa fleksi. Fleksi berarti perubahan bentuk kata kerja sesuai dengan perbedaan yang ditimbulkan oleh jenis kelamin, waktu dan jumlah. Dalam bahasa Perancis, bentuk verba ditetapkan oleh modus dan kala yang dipergunakan. Selain itu bahasa Perancis, untuk menulis kalimat atau paragraf dalam kala lampau, terdapat tiga kala, yaitu passe compose, imparfait dan plus-que parfait. Variabel dalam peneltian ini adalah kemampuan menulis pengalaman kala lampau mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Prancis Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang yang mengikuti mata kuliah production écrite pré avance, yang terdiri dari 2 rombel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama dan jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangka metode tes digunakan untuk mendapatkan data kemampuan mahasiswa dalam menulis pengalaman kala lampau. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Sedangkan reliabilitas instrumen penelitian ini adalah dengan tes ulang (test-retest method) yang kemudian di ukur dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa semester V dalam menulis pengalaman kala lampau tergolong Gagal. Dari perhitungan analisis skor dan nilai rata rata yang diraih responden yaitu 80,2 dengan nilai tertinggi 91,6 dan nilai terendah 54,1. Walaupun nilai rata rata mahasiswa tinggi, namun jika dikaji berdasarkan kriteria penilaian Delf A2, kemampuan mahasiswa semester 5 dalam menulis pengalaman menggunakan kala lampau dalam bahasa Prancis sangat kurang, karena tidak menunjang hal utama dalam menulis karangan kala lampau, yaitu penulisan gramatikal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis, pengalaman kala lampau
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
P Language and Literature > PB Modern European Languages
P Language and Literature > PB Modern European Languages > PB1501 Gaelic (Scottish Gaelic, Erse)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 22 Mar 2018 10:40
Last Modified: 22 Mar 2018 10:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30448

Actions (login required)

View Item View Item