PENGARUH BIMBINGAN KARIER, MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA, FASILITAS BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR PADA KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 DEMAK


Rusmiyatun , 7101413249 (2017) PENGARUH BIMBINGAN KARIER, MOTIVASI MEMASUKI DUNIA KERJA, FASILITAS BELAJAR, DAN MINAT BELAJAR PADA KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413249.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja merupakan kemampuan yang cukup baik fisik maupun mental. Kesiapan fisik berarti tenaga yang cukup dan kesehatan yang baik, sedangkan kesiapan mental berarti memiliki minat dan motivasi yang cukup untuk melakukan suatu pekerjaan. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh bimbingan karier, motivasi memasuki dunia kerja, fasilitas belajar, dan minat belajar secara parsial dan simultan pada kesiapan kerja siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Demak yang berjumlah 110 siswa. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110 siswa menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS for Windows versi 21. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada pengaruh bimbingan karier terhadap kesiapan kerja siswa 0.003<0.05, ada pengaruh motivasi memasuki dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa 0,001<0,05, ada pengaruh fasilitas belajar terhadap kesiapan kerja siswa 0,001<0,05 , ada pengaruh minat belajat terhadap kesiapan kerja 0,000<0,05 sehingga Ha1, Ha2 Ha3 dan Ha4 diterima. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial bimbingan karier, motivasi memasuki dunia kerja, fasilitas belajar, dan minat belajar pada kesiapan kerja siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Demak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa. Saran dari penelitian ini yaitu hendaknya siswa terus mengasah kemampuan dan keterampilan di bidang keahlian masing-masing dan mengembangkan rasa tanggung jawab kerja siswa, pihak guru lebih optimal dalam memberikan bimbingan karier agar siswa dapat menggali keteramplan sesuai dengan potensinya. Pihak sekolah menyediakan fasilitas yang memadai untuk memotivasi kerja siswa lebih kreatif dan inofatif agar siswa lebih siap untuk bekerja setelah lulus dari sekolah. Job readiness is considerable ability both physically and mentally. Physical Readiness means enough energy and good health, while the mental preparedness means having a sufficient interest and motivation in job. The purpose of this study is to determine the influence of career guidance, motivation entering work world, study facility, and study interest of work against student work readiness of SMK Negeri 1 Demak. The population in this study was all students of class XI SMK Negeri 1 Demak, there are 110 students. The number of samples of the study was 110 students. Method of data collection was using the questionnaire. The analysing data used descriptive analysis and multiple regression analysis percentages using SPSS for Windows version 21. Based on the results of the study, indicate that there was a positive effect of career guidance for students 'job readiness 0.003> 0.05, there was the effect of motivation entering work world 0.001 <0.05, there was the influence of study facility to the job readiness of students 0,001 <0,05, there was the influence of study interest to the job readiness of students 0,000 <0,05,so Ha1, Ha2, Ha3 and H4 accepted. The study concluded that partial career guidance and significant positive effect on students’ job readiness, motivation to enter the world of work and significant positive effect on students' job readiness, study facility, study interest and significant positive effect on students’ job readiness. Suggestions from this research that the students should continue to hone the abilities and skills in the field of their expertise and develop a sense of responsibility of the student's work, the teachers in the world of work should provide career guidance. So that the students have more work ability based on their passion. The school has to provide adequate facilities to motivate students are more creative and innovative so that students have good prepared for work after graduating from school.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karier, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Kesiapan Kerja Career Guidance, Motivation Entering Work World, Study Facility, Study Interest, and Work Readiness
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 21 Mar 2018 16:21
Last Modified: 21 Mar 2018 16:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30419

Actions (login required)

View Item View Item