PENINGKATAN KARAKTER KONSERVASI MELALUI SAINS PERMULAAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AS-SHIDDIQY JEPARA


TAFRIKHATUS SAADAH , 1601413077 (2017) PENINGKATAN KARAKTER KONSERVASI MELALUI SAINS PERMULAAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AS-SHIDDIQY JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (709kB) | Preview

Abstract

Karakter konservasi merupakan karakter yang harus dimiliki pada anak. Karakter tersebut bertujuan untuk menanamkan peduli terhadap lingkungan sekitar. Penanaman karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui sains permulaan berbasis pendekatan saintifik. Pembelajaran sains berbasis pendekatan saintifik bermanfaat untuk mengetahui sebab dan akibat yang ada di lingkungan sekitar dengan proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Melalui sains permulaan berbasis pendekatan saintifik tersebut diharapkan anak dapat mengetahui penyebab lingkungan menjadi rusak salah satunya ulah tangan manusia, dengan hal itu anak akan berpikir dua kali ketika melakukan hal-hal yang dapat merugikan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan karakter konservasi melalui sains permulaan berbasis pendekatan saintifik pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK IT Ash-Shiddiqy Jepara dengan menggunakan metode pre eksperiment design melalui One Group Pretest-Posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 anak pada rentang usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sample. Hasil dari Paired Sample t-Test diperoleh peningkatan sebesar 38,9 dengan persentase 38% yang berasal dari nilai rata-rata pretest 102,27 kemudian berubah menjadi 141,17 pada nilai rata-rata posttest. Peningkatan dimulai dari 25 poin hingga 57 poin. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari hasil uji t degan nilai –t hitung = -27,422 kurang dari –t tabel = -2,045 yaitu - 2,045 > -27,422 atau 27,422 > 2,045 dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada karakter konservasi melalui sains permulaan berbasis pendekatan saintifik pada anak usia 5-6 Tahun di TK IT Ash-Shiddiqy Jepara. Hendaknya dalam penanaman karakter konservasi melalui sains permulaan berbasis pendekatan saintifik pada anak usia 5-6 tahun saat di sekolah memberikan pemahaman dan pembiasaan pada siswa melalui berbagai aktivitas sehingga karakter anak dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Konservasi, Sains Permulaan, Pendekatan Saintifik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2018 19:14
Last Modified: 29 Mar 2019 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item View Item