STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN SUB TEMA BERBASIS POTENSI LOKAL DI GUGUS PARKIT KECAMATAN UNGARAN BARAT


Bella Herkiana Risky , 1601413074 (2017) STUDI DESKRIPTIF TENTANG STRATEGI PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN SUB TEMA BERBASIS POTENSI LOKAL DI GUGUS PARKIT KECAMATAN UNGARAN BARAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601413074.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penataan urutan sebelum pembelajaran perlu dilakukan. Pembelajaran yang sesuai dengan kondisi lingkungan anak akan dapat diterima dengan baik. Gugus menjadi salah satu upaya dalam mencapai keberrasilan pendidikan. Gugus parkit adalah gugus yang berada di kawasan wisata alam dan memiliki sumber penghasilan lokal. Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengorganisasian pembelajaran dalam pengembangan tema berbasis potensi lokal pada guru di gugus parkit kecamatan ungaran barat dan faktor yang mendukung dalam proses pengorganisasian tersebut. Informan dalam penelitian ini adalah ketua gugus dan delapan informan mewakili lembaga yang tergabung dalam keanggotaan Gugus Parkit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat tujuh langkah elaborasi yang dilakukan dalam strategi pengorganisasian pembelajaran. Langkah tersebut adalah tahap Penyajian kerangka isi hingga tahap pemberian rangkuman. Tujuan pembelajaran untuk siswa adalah memberikan Informasi verbal, strategi kognitif, keterampilan intelektual, pengembanagn sikap dan ketrampilan motorik. Pengembangan tema pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan prinsip pengembangan tema pembelajaran yaitu dekat dengan anak, sederhana, menarik dan isidental. Kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah strategi pengorganisasian pembelajaran dalam pengembangan tema berbasis potensi lokal pada guru di gugus parkit kecamatan ungaran barat melakukan tahapan elaborasi dengan baik. Mekanisme kerja gugus menginduk pada pusat kerja guru. Pembelajaran berbasis potensi lokal yang diterapkan adalah mengaitkan pembelajaran yang dekat dengan anak apabila sesuai dengan keadaan lingkungan maka lingkungan menjadi sumber belajar. Faktor yang mendukung dalam proses pengorganisasian tersebut adalah yang pertama adalah lingkungan disekitar gugus parkit dapat menjadi sumber belajar yang baik karena memiliki potensi lokal yang dari berbagai aspek yaitu ekonomi, budaya, politik, sosial, teknologi dan alam. Faktor yang kedua guru mengetahui prinsip pengembangan tema pembelajaran. Ordering prior to learning is necessary. Learning appropriate to the child's environmental conditions can be well received. Clusters become one of the efforts in achieving success of education. Gugus Parkit is a cluster located in a natural tourist area and has a local income source. The purpose of this research is knowing the Organizing Strategy Of Learning In The Improvement Sub Theme Based On Local Potencies At Gugus Parkit Subdistrict Ungaran Barat and supporting factor in organizing process. The informants in this study were a cluster leader and eight informants representing the institutions that joined in membership of Gugus Parkit. The method that used in this research is descriptive qualitative study with data collection techniques, there are observation, documentation and interview. Data analysis technique used is source triangulation. The results of this study found that there are seven elaboration steps undertaken in the strategy of organizing learning. The step is the presentation stage of content framework to the stage of giving summary. Learning objectives for students are to provide verbal information, cognitive strategies, intellectual skills, development of attitude and motor skills. The development of learning themes that are conducted in accordance with the principles of the development of learning themes that is close to the child, simple, interesting and isidental. The conclusions generated from this study is Organizing Strategy Of Learning In The Improvement Sub Theme Based On Local Potencies At Gugus Parkit Subdistrict Ungaran Barat performs well elaboration stage. The cluster working mechanism is at the center of the teacher's work. Learning based on local potential that was applied is linking the learning that is close to the child if appropriate with environmental conditions so the environment becomes a source of learning. Factors that support the process of organizing at first is the environment around the Gugus Parkit can be a good source of learning because it has local potential from various aspects of economics, culture, politics, social, technology and nature. The second factor is teachers know the principle of developing theme of learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Startegi Pengorganisasian Pembelajaran, Pengembangan Tema pembelajaran berbasis Potensi Lokal, Gugus, Organizing Learning Strategy, Developing Learning theme based Local Potential, Cluster
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2018 19:08
Last Modified: 30 Mar 2019 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30411

Actions (login required)

View Item View Item