Analisis Buku Biologi SMA Kelas X Semester I Berdasarkan Kurikulum 2004 yang Banyak Digunakan di SMA Negeri Kabupaten Batang
Nanik Hidayati , 4401401034 (2005) Analisis Buku Biologi SMA Kelas X Semester I Berdasarkan Kurikulum 2004 yang Banyak Digunakan di SMA Negeri Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Buku Biologi SMA Kelas X Semester I Berdasarkan Kurikulum 2004 yang Banyak Digunakan di SMA Negeri Kabupaten Batang)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Buku pelajaran yang baik harus dapat terbaca oleh para penggunanya dan memenuhi syarat yaitu: berisi bahan pelajaran yang jelas, benar, relevan dengan kurikulum, konsisten, mengikuti perkembangan IPTEK, informasi jelas, ada evaluasi yang relevan, dan menggunakan rujukan buku. Oleh sebab itu, penelitian yang terkait dengan tingkat keterbacaan buku, kesalahan ejaan, serta kesesuaian konsep dan gambar sangat diperlukan. Penelitian ini berjudul “Analisis Buku Biologi SMA Kelas X Semester I Berdasarkan Kurikulum 2004 yang Banyak Digunakan di SMA Negeri Kabupaten Batang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterbacaan, kesalahan ejaan, serta kesesuaian konsep dan gambar dengan textbook biologi edisi kelima jilid 2 karangan Campbell, Reece, dan Mitchell. Penelitian ini merupakan studi kasus tentang status isi buku. Objek penelitian meliputi seluruh materi. Jumlah sampel tingkat keterbacaan ada 20 wacana masing-masing terdiri atas 100 kata. Pengambilan data dengan metode observasi. Data tingkat keterbacaan dianalisis dengan grafik Fry. Data kesalahan ejaan, konsep, dan gambar dianalisis dengan metode triangulasi penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan buku belum sesuai. Kesesuaian bacaan untuk kelas X 60%, di bawah kelas X 15%, di atas kelas X 10%, dan invalid 15%. Penggunaan ejaan, konsep, dan gambar sesuai. Ditemukan empat macam kesalahan penggunaan ejaan yang meliputi: ketikan, pemenggalan suku kata, penggunaan huruf kapital, dan singkatan yang masingmasing besarnya 72,27%; 18,49%; 8,40%; dan 0,84%. Kesalahan konsep 11,54% dan gambar 23,53%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pelajaran, tingkat keterbacaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 Jul 2011 07:25 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3040 |
Actions (login required)
View Item |