PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), KETERAMPILAN INTERPERSONAL, KOMPTENSI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK PGRI 01 SEMARANG DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Sri Yuniati , 7101413245 (2017) PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN), KETERAMPILAN INTERPERSONAL, KOMPTENSI KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK PGRI 01 SEMARANG DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413245.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (899kB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja merupakan keseluruhan kondisi seseorang yaitu meliputi kematangan fisik, mental dan pengalaman. Kematangan fisik berarti kesiapan fisik yaitu berupa kesehatan yang baik dan tenaga yang cukup. Kesiapan mental berarti memiliki memiliki kemampuan dan keterampilan yang cukup untuk melakukan suatu pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja industri, keterampilan interpersonal dan kompetensi kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK PGRI 01 Semarang dengan menggunakan mediasi efikasi diri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 01 Semarang yang berjumlah 66, seluruhnya dijadikan sebagai responden penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis full model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis smartPLS. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat arah hubungan yang positif antara praktik kerja industri, keterampilan interpersonal, dan kompetensi kerja dengan efikasi diri sebesar 0,024, 0,112, dan 0,465 akan tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan. Sedangkan antara efikasi diri dengan kesiapan kerja terdapat arah hubungan yang positif sebesar 0,001 akan tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan. Terdapat arah hubungan langsung yang negatif sebesar 0,093 dan hubungan tidak langsung yang positif antara praktik kerja industri dengan kesiapan kerja tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan, sedangkan keterampilan interpersonal dan kompetensi kerja terdapat arah hubungan positif sebesar 0,377dan 0,283 dengan kesiapan kerja serta terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil uji model yang diperoleh yaitu uji model inner dan uji model outer dengan memperoleh nilai R square sebesar 0,433 pengaruh langsung terhadap kesiapan kerja sedangkan R-square dari efikasi diri sebesar 0,323 sehingga uji model dalam penelitian ini dinyatakan baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik kerja industri dan keterampilan interpersonal tidak ada pengaruh yang signifikan baik langsung maupun tidak langsung, kompetensi kerja berpengaruh positif terhadap efikasi diri, efikasi diri tidak ada pengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kerja. Saran dari penelitian ini yaitu siswa diharapkan lebih mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja baik keterampilan maupun pengetahuannya serta pihak sekolah dapat memfasilitasi siswa agar lebih mampu dan yakin untuk nanti terjun di dunia kerja. Job readiness is the overall condition of a person that includes physical maturity, mental and experience. Physical maturity means physical readiness in the form of good health and good energy, while mental readiness means having the ability and skills enough to do a job. The purpose of this study is, to determine the effect of industrial work practices, interpersonal skills and work competence on the readiness of students working SMK PGRI 01 Semarang using self-efficacy mediation. The population in this study is all students of class XI Accounting Expertise Competence in SMK PGRI 01 Semarang, amounting to 66, all made as respondents research. Methods of data collection using questionnaires and documentation. Methods Data analysis of this study using a full model analysis of Structural Equation Modeling (SEM) with smartPLS analysis tools. The results showed that there was a positive correlation between industrial work practice, interpersonal skill, and work competence with self efficacy of 0,024, 0,112, and 0,465 but there was no significant influence. Meanwhile, between self efficacy with job readiness there is a positive relationship direction of 0.001 but there is no significant effect. There is a direct negative directional linkage of 0.093 and a positive indirect correlation between industrial work practice and job readiness but no significant effect, while interpersonal skills and job competence have a positive relationship direction of 0.377 and 0.283 with job readiness and significant influence . Based on result of model test obtained that is inner model test and outer model test by obtaining R square value equal to 0,433 direct influence to readiness of work while R-square from self efficacy sebear 0,323 so model test in this research stated good. This research concludes that industrial work practice and interpersonal skill have no significant influence either directly or indirectly, work competence have positive effect to self efficacy, self efficacy no significant influence to readiness of work. Suggestions from this research that students are expected to better prepare themselves in entering the world of work both skills and knowledge and the school can facilitate students to be more capable and confident to later plunge in the world of work.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Indsutri, Keterampilan Interpersonal. Kompetensi Kerja, Efikasi Diri, Kesiapan Kerja. Work Practice Indsutri, Interpersonal Skills. Work Competence, Self Efficacy, Job Readiness
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 20 Mar 2018 13:04
Last Modified: 20 Mar 2018 13:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30396

Actions (login required)

View Item View Item