PENGEMBANGAN COMPACT DISC INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP


Tri Mulyani , 2101413095 (2017) PENGEMBANGAN COMPACT DISC INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI MENULIS TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis deskripsi merupakan upaya menjelaskan rincian-rincian suatu objek kepada orang lain. Berkaitan dengan hal tersebut, teks deskripsi merupakan salah satu teks yang harus dipelajari peserta didik kelas VII SMP pada kurikulum 2013 revisi 2016. Peserta didik tidak hanya diharapkan mampu menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi. Pembelajaran pada kurikulum 2013 revisi 2016 diarahkan pada pemanfaatan teknologi, salah satunya teknologi komputer.Sementara itu media yang telah dikembangkan untuk medukung pembelajaran hanya terbatas pada bahan ajar berupa buku pengayaan maupun komik pembelajaran. Media pembelajaran menulis teks deskripsi berbasis teknologi belum banyak dikembangkan. Permasalahan pada penelitian ini meliputi (1) bagaimanakah karakteristik media CD interaktif sebagai media pembelajaran mandiri menulis teks deskripsi kelas VII SMP yang diinginkan peserta didik dan orang tua, (2) bagaimanakah rancangan CD interaktif sebagai media pembelajaran mandiri menulis teks deskripsi kelas VII SMP, (3) bagaimanakah penilaian ahli terhadap produk CD interaktif sebagai media pembelajaran mandiri menulis teks deskripsi kelas VII SMP, (4) bagaimanakah perbaikan CD interaktif sebagai media pembelajaran mandiri menulis teks deskripsi kelas VII SMP setelah memperoleh penilaian ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan Reasearch and Development (R&D) yang merujuk pada model Borg dan Gall. Penelitian ini dibatasi dalam skala kecil terdiri dari lima tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Adapun sumber data penelitian ini yaitu 90 peserta didik dan 30 orang tua peserta didik di SMP N 11 Semarang, SMP N 15 Semarang, SMP N 30 Semarang. Instrumen penelitian meliputi lembar wawancara, angket, dan lembar uji validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Media pembelajaran mandiri menulis teks deskripsi memiliki dua karakteristik, yaitu karakteristik isi dan penyajian. Karakteristik isi disusun berdasarkan hasil kebutuhan angket peserta didik serta angket kebutuhan orang tua peserta didik. Karakteristik isi terdiri dari tiga indikator yaitu (1) cakupan materi, (2) struktur materi, dan (3) evaluasi. Sementara itu karakteristik penyajian meliputi Terdapat indikator pada aspek penyajian yang akan dipaparkan pada bagian karakteristik penyajian. Indikator tersebut yaitu (1) penyajian isi media dan (2) aspek interaktivitas media pembelajaran mandiri menulis teks deskripsi. Prototipe media dari struktur isi meliputi layar pembuka, layar login account, menu petunjuk, menu utama yang terdiri atas pendahuluan, kegiatan inti, penutup, dan profil pengembang serta struktur penyajian meliputi bentuk penulisan, tata penggunaan bahasa serta kemasan. Hasil penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata 81,25 % dengan kategori layak dan 82,29 % dari ahli media dengan kategori sangat layak. Adapun saran perbaikan yang diberikan adalah (1) penambahan materi, (2) penghilangan tes bagian pendahuluan, (3) perbaikan gambar yang kurang jelas, (4) penambahan petunjuk pada kegiatan inti dan evaluasi, (5) penataan kembali audio dan musik pengiring, pemilihan warna yang kontras dengan background, serta (6) penambahan gambar. Keunggulan CD interaktif ini yakni dapat membuat pembelajaran lebih efektif serta mendukung pembelajaran mandiri. Selain mudah digunakan, dalam aplikasi ini materi yang disajikan mendukung peserta didik dalam terampil menulis teks deskripsi. Fiturfitur media meliputi menu prates, navigasi yang mudah, suara pengiring untuk memperjelas instruksi, kegiatan pembelajaran yang teratur dan sistemik. Adapun keterbatasan CD interaktif “Terampil Menulis Teks Deskripsi” yakni hanya dapat difungsikan sesuai dengan program yang telah dibuat. Selain itu, media “Terampil Menulis Teks Deskripsi” adalah membutuhkan perangkat pendukung seperti komputer atau laptop dengan CD-ROOM, pengeras suara ataupun headset serta masih membutuhkan pendampingan dari orang tua maupun guru. Saran penelitian meliputi (1) peserta didik hendaknya menggunakan CD interaktif “Terampil Menulis Teks Deskripsi” sebagai media pembelajaran mandiri menulis teks deskripsi untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar dalam menulis teks deskripsi, (2) orang tua peserta didik serta guru tetap melakukan pendampingan, (3) peserta didik dapat lebih mengenali deskripsi lingkungan sekitar untuk meningkatkan pengetahuan serta mendukung promosi potensi wisata lokal di sekitar tempat tinggal, (4) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melakukan uji keefektifan produk CD interaktif “Terampil Menulis Teks Deskripsi” sebagai media pembelajaran mandiri menulis teks deskripsi peserta didik kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : CD interaktif, pembelajaran mandiri, menulis teks deskripsi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 13 Mar 2018 11:47
Last Modified: 13 Mar 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30274

Actions (login required)

View Item View Item