KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING) DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTs


Yeni Alfiani, 2101413042 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING) DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413042.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, siswa masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis teks berita. Kesulitan menentukan judul, mengembangkan kalimat menjadi paragraf, dan memahami unsur-unsur teks berita. Pada dasarnya, kesulitan-kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya ketertarikan atau motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran di kelas. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP/MTs. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif serta media yang dapat mendukung pembelajaran. Model yang disarankan, yaitu model pembelajaran berbasis masalah dan model experiential learning serta media video untuk mendukung pembelajaran, khususnya pembelajaran menulis teks berita. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks berita menggunakan model problem based learning dengan media video pada siswa kelas VIII SMP/MTs; (2) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks berita menggunakan model experiential learning dengan media video pada siswa kelas VIII SMP/MTs; (3) manakah yang lebih efektif antara pembelajaran menulis teks berita menggunakan model problem based learning dengan media video atau menggunakan model experiential learning dengan media video pada siswa kelas VIII SMP/MTs. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental (eksperimen semu), yaitu nonequivalent control group design. Teknik yang digunakan sebagai pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian adalah keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Al – Hidayah Gunungpati. Kelas VIII A sebagai eksperimen 2 (kelas experiential learning) dan kelas VIII B sebagai eksperimen 1 (kelas PBL). Pemilihan sekolah didasarkan pada kurikulum yang sesuai dengan penelitian ini, yaitu menggunakan kurikulum 2006 (KTSP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menulis teks berita menggunakan model PBL dengan media video efektif digunakan pada siswa kelas VIII dengan hasil perhitungan uji t nilai pretes dan postes model PBL yang menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, (2) pembelajaran teks berita menggunakan model experiential learning dengan media video efektif digunakan pada siswa kelas VIII dengan hasil perhitungan uji t nilai pretes dan postes model PBL yang menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, dan (3) pembelajaran menulis teks berita menggunakan model experiential learning dengan media video lebih efektif dibandingkan menggunakan model PBL dengan media video pada siswa kelas VIII. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada nilai postes kedua model sebesar 0,037 < 0,05 atau pada nilai postes model experiental learning > model PBL, yakni 82,30 > 78,10. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu (1) siswa diharapkan dapat menulis teks berita sesuai dengan pengalaman sendiri untuk mempermudah dalam proses pembelajaran menulis teks berita, (2) guru bahasa indonesia hendaknya menerapkan model pembelajaran dan media yang tepat dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menerapkan model experiential learning yang sudah terbukti keefektifannya., (3) peneliti lain hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk mengembangkan keterampilan menulis teks berita siswa menggunakan model experiential learning dengan media video. selain itu perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui pengaruh model experiential learning pada jenis bidang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model PBL; model experiential learning; teks berita, media video
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 12 Mar 2018 18:57
Last Modified: 12 Mar 2018 18:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30263

Actions (login required)

View Item View Item