KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL AI-TTW (ASSURANCE, INTEREST-THINK, TALK, WRITE) DAN MODEL AI-QW (ASSURANCE, INTEREST-QUANTUM WRITING) DENGAN MEDIA FILM PENDEK BERMUATAN PESAN MORAL PADA SISWA KELAS VIII SMP


Mahardika Adhi Filando, 2101413034 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL AI-TTW (ASSURANCE, INTEREST-THINK, TALK, WRITE) DAN MODEL AI-QW (ASSURANCE, INTEREST-QUANTUM WRITING) DENGAN MEDIA FILM PENDEK BERMUATAN PESAN MORAL PADA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (517kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks ulasan merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang tidak kalah penting dibanding keterampilan berbahasa yang lain. Keterampilan menulis teks ulasan menuntut siswa untuk lebih memahami karya yang akan diulas. Fakta di lapangan menunjukkan model pembelajaran yang digunakan belum mampu membuat siswa dapat menulis teks ulasan dengan baik. Masih ada siswa yang bahkan kesulitan dalam menuangkan kata-kata ke dalam tulisan tentang karya yang diulasnya. Kurangnya perhatian guru terhadap penerapan model pembelajaran yang efektif dan bervariasi membuat siswa cepat bosan dan kurang memperhatikan pelajaran. Oleh sebab itu, penliti memberikan solusi berupa penerapan suatu model pembelajaran yang efefktif yang mampu membuat siswa merasa senang mengikuti pembelajaran dan lebih mudah dalam menuangkan katakata ketika menulis teks ulasan. Adapun model pembelajaran yang dipilih, yaitu model AI-TTW (Assurance, Interest-Think, Talk, Write) dan model AI-QW (Assurance, Interest-Quantum Writing). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan model AI-TTW? (2) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan model AI-QW (3) lebih efektif manakah antara pembelajaran menulis teks ulasan dengan model AI-TTW atau pembelajaran menulis teks ulasan dengan model AI-QW pada siswa kelas VIII SMP? Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Batang Kabupaten Batang tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan metode ekspeimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Scenario yang dijalankan yaitu kelas A (VIII C) menajdi kelas eksperimen I dan kelas B (VIII B) menjadi kelas eksperimen II. Kelas A diberi perlakuan menggunakan model AITTW, sedangkan kelas B diberi perlakuan menggunakan model AI-QW. Pada prinsipnya, perlakuan yang dilakukan terhadap kedua kelompok, yaitu tes awal (pretest), perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest). Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan nontes. Instrumen tes berupa menulis teks ulasan berdasarkan film pendek yang sudah ditentukan, dan intrumen nontes berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, yaitu (1) pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan model AI-TTW dengan media film pendek efektif digunakan pada siswa kelas VIII, (2) pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan model AI-QW dengan media film pendek efektif digunakan pada siswa kelas VIII, dan (3) pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan model AI-QW dengan media film pendek lebih efektif dibandingkan menggunakan model AI-TTW dengan media film pendek pada siswa kelas VIII. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada nilai postes model AIQW > model AI-TTW, yakni 83,42 > 78,21. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan yaitu (1) guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model AI-QW dan model AI-TTW dalam pembelajaran menulis teks ulasan karena sudah diuji keefektifannya, dan (2) peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran yang lain untuk lebih mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis, khususnya dalam menulis teks ulasan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran menulis teks ulasan, model AI-TTW (Assurance, Interest- Think, Talk, Write), model AI-QW (Assurance, Interest- Quantum Writing)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 12 Mar 2018 18:50
Last Modified: 12 Mar 2018 18:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30262

Actions (login required)

View Item View Item