KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA BIOGRAFI PAHLAWAN NASIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII KABUPATEN PURBALINGGA


Cynthia Imas Wisudaniarsih , 2101413019 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA BIOGRAFI PAHLAWAN NASIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (702kB) | Preview

Abstract

Teks cerita biografi pahlawan nasional perlu dipelajari karena didalamnya berisi tentang hal-hal yang dapat memotivasi peserta didik melalui kegigihan tokoh dalam cerita biografi dalam berjuang mencapai kesuksesan. Namun, pembelajaran menulis teks cerita biografi pahlawan nasional yang telah dilakukan belum maksimal. Kebanyakan guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat satu arah, sehingga peserta didik kurang dapat bergerak aktif dalam menulis teks cerita biografi pahlawan nasional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diberikan alternatif model pembelajaran yang efektif digunakan, seperti model Think Talk Write (TTW) dan model Two Stay Two Stray (TSTS) Tujuan penelitian ini yaitu (1) menemukan bagaimana keefektifan model Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks cerita biografi pahlawan nasional pada peserta didik kelas VIII, (2) menemukan bagaimana keefektifan model Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran menulis teks cerita biografi pahlawan nasional pada peserta didik kelas VIII, dan (3) menemukan model pembelajaran manakah yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita biografi pahlawan nasional pada peserta didik kelas VIII. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling (sampel bertujuan). Populasi pada penelitian ini yaitu keterampilan menulis teks cerita biografi pahlawan nasional kelas VIII SMP N 2 Purbalingga dan keterampilan menulis teks cerita biografi pahlawan nasional kelas VIII SMP N 3 Purbalingga. Sampel penelitian ini yaitu keterampilan menulis teks cerita biografi pahlawan nasional kelas VIII G SMP N 2 Purbalingga serta kelas VIII C SMP N 3 Purbalingga. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan model Think Talk Write (TTW) dengan jumlah responden 31 peserta didik. Kelas eksperimen 2 dengan model Two Stay Two Stray (TSTS) dengan jumlah responden 31 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian (1) keefektifan model Think Talk Write (TTW) dapat dilihat dari hasil penghitungan uji t skor pretes dan postes model Think Talk Write yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai pretes dan postes peserta didik pada model TTW, (2) keefektifan model Two Stay Two Stray (TSTS) dapat dilihat dari hasil penghitungan uji t skor pretes dan postes model Two Stay Two Stray yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor pretes dan postes peserta didik pada model TSTS, dan (3) model Think Talk Write (TTW) dan model Two Stay Two Stray (TSTS) telah terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita biografi pahlawan nasional, namun salah satu model lebih efektif digunakan. Model yang lebih efektif tersebut yaitu model Think Talk Write (TTW). Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada skor postes kedua model yang mencapai 0,043 < 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara skor postes kelas eksperimen 1 (model TTW) dengan skor postes kelas eksperimen 2 (model TSTS). Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan sebagai berikut. Guru diharapkan dapat menerapkan model Think Talk Write (TTW) sebagai salah satu alternatif model yang efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis, khususnya menulis teks cerita biografi. Selain itu, guru dapat lebih mengontrol waktu dan mengondisikan peserta didik agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk meningkatkan keterampilan menulis, khususnya pada pembelajaran menulis teks cerita biografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : model Think Talk Write, model Two Stay Two Stray, menulis teks cerita biografi pahlawan nasional
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 12 Mar 2018 18:14
Last Modified: 12 Mar 2018 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30255

Actions (login required)

View Item View Item