PEMBELAJARAN PELESTARIAN LINGKUNGAN KAWASAN KARST DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA POKOK BAHASAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI SMA N 1 ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017


Kukuh Setiyonugroho , 3201412078 (2017) PEMBELAJARAN PELESTARIAN LINGKUNGAN KAWASAN KARST DENGAN MEDIA FILM DOKUMENTER PADA POKOK BAHASAN PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI SMA N 1 ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (513kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu ketuntasan belajar klasikal siswa yaitu 60% yang berarti ketuntasan hasil belajar klasikal belum terpenuhi atau masih berada di bawah 75% dan pembelajaran geografi masih menggunakan media yang konvensional yang dirasa masih monoton dan kurang menarik oleh sebagian besar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pengetahuan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan media film dokumenter, bagaimana aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan media film dokumenter, bagaimana tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan media film dokumenter, bagaimana kemampuan guru praktikan mengelola pembelajaran dalam proses pembelajaran Geografi menggunakan film dokumenter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat pengetahuan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan menggunakan media film dokumenter, (2) aktivitas siswa kelas dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan media film dokumenter,(3) tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Geografi dengan media film dokumenter, (4) kemampuan guru praktikan mengelola pembelajaran dalam proses pembelajaran Geografi menggunakan film dokumenter. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Rowokele dengan populasinya yaitu kelas XI IPS SMA N 1 Rowokele dan diambil sampel sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI IPS 1. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini menggunakan The One Group Pretest- Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji-t dan deskriptif persentase. Hasil dari penelitian ini (1) rata-rata tingkat pengetahuan siswa meningkat dari sebelum pembelajaran menggunakan film dokumenter dan sesudah pembelajaran menggunakan film dokumenter meningkat dari 75,63 menjadi 86,98. (2) aktivitas siswa kelas dalam pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan aktivitas siswa memiliki skor rata-rata 73,6% yang termasuk kategori aktif, (3) tanggapan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan tanggapan siswa memiliki skor rata-rata 78,9% yang termasuk kategori baik, (4) kemampuan guru praktikan mengelola pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan guru mampu menyampaikan pembelajaran menggunakan film dokumenter dengan baik. Hal ini ditunjukkan juga dengan rata-rata hasil penilaian evaluasi kemampuan guru praktikan mengelola pembelajaran keseluruhan mendapatkan skor 79,25% yang termasuk dalam kategori baik. Simpulan dalam penelitian ini dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu tingkat pengetahuan siswa meningkat, aktivitas siswa kategori aktif, tanggapan siswa masuk kategori baik, dan kemampuan guru praktikan dalam mengelola pembelajaran baik dengan adanya hal tersebut berarti pelaksanaan pembelajaran menggunakan film dokumenter berjalan dengan baik dan membuat siswa tertarik dan lebih aktif serta meningkatkan pengetahuan siswa. Saran yang dapat disampaikan yaitu (1) Pembelajaran dengan media film dokumenter tentang pelestarian lingkungan kawasan karst dapat digunakan untuk sumber belajar geografi dan bisa digunakan sebagai salah satu alternatif variasi pembelajaran agar siswa tidak bosan dengan pembelajaran di kelas yang monoton. (2) Media film dokumenter kawasan karst dapat dijadikan sarana pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pelestarian lingkungan kawasan karst di SMA N 1 Rowokele maupun di sekolah-sekolah lain di wilayah Kebumen. Dengan adanya hal tersebut diharapkan siswa bisa ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian kawasan karst. (3) Penelitian dengan menggunakan media film dokumenter ini sebaiknya dikembangkan lagi agar dapat berjalan secara lebih efektif sesuai dengan teori yang ada baik oleh guru maupun peneliti lain. (4) Penggunaan media pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa sangat diperlukan dalam proses pembelajaran di kelas, oleh karena itu guru harus mampu memilah media yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan mampu mendorong kreatifitas dan aktivitas siswa sehingga mampu meningkatkan tingkat pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Film Dokumenter, Pembelajaran Pelestarian Lingkungan Kawasan Karst.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 16:51
Last Modified: 12 Mar 2018 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30250

Actions (login required)

View Item View Item