EFEKTIFITAS FOCUS GROUP DENGAN TEMA DAMPAK BURUK GAME ONLINE UNTUK MENURUNKAN INTENSI BERMAIN GAME ONLINE PADA GAMERS


Kurnia Agung Sudarno , 1511412120 (2017) EFEKTIFITAS FOCUS GROUP DENGAN TEMA DAMPAK BURUK GAME ONLINE UNTUK MENURUNKAN INTENSI BERMAIN GAME ONLINE PADA GAMERS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (979kB) | Preview

Abstract

Salah satu dampak dari pesatnya perkembangan internet adalah penggunaan game online yang meningkat. Penggunaan game online yang berlebihan berdampak buruk kepada kehidupan pengguna game online. Perilaku penggunaan game online dipengaruhi oleh intensi bermain game online menurut teori Planned Behavior. Focus Group menjadi sebuah perlakuan yang diberikan untuk mengurangi intensi bermain game online pada pengguna game online. Tujuan penelitian untuk menguji efektifitas focus group untuk mengurangi intensi bermain game online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dan dengan desain penelitian postest control group design. Penelitian menggunakan 20 pengguna game online sebagai sample dengan teknik pengambilan Volunteer Sampling. Penelitian menggunakan 36 item skala intensi bermain game online dengan validitas isi dengan daya diskriminasi item berkisar antara 0,262 sampai 0,731 (α=0,894). Metode analisis dalam penelitian menggunakan teknik uji Independent sample t-test dengan hasil diperoleh nilai t sebesar -5,900 dan taraf signifikansi p =0,000. Berdasarkan nilai koefisien tersebut maka hipotesis penelitian diterima. Secara umum komponen intensi bermain game online pada kelompok eksperimen dan kontrol berada pada kategori sedang. Diketahui taraf signifikansi p =0,000. menunjukkan bahwa p < 0,05, berarti terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa focus gorup dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan berupa focus group. Kesimpulan penelitian ini, efektifitas focus group dengan tema dampak buruk game online untuk menurunkan intensi bermain game online pada pengguna game online terbukti efektif untuk menurunkan intensi bemain game online pada pengguna game online.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensi Bermain Game Online, Focus Group, Game Online
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Social Rehabilitation
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2018 18:27
Last Modified: 04 Apr 2019 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30221

Actions (login required)

View Item View Item