HUBUNGAN ONLINE TRUST DENGAN PURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN DI MEDIA INSTAGRAM
Laili Nur Naimatun Nisa, 1511410010 (2017) HUBUNGAN ONLINE TRUST DENGAN PURCHASE INTENTION PADA KONSUMEN DI MEDIA INSTAGRAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Internet merupakan sebuah sistem komunikasi yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia juga diiringi oleh meningkatnya pengguna media sosial Instagram, peningkatan tersebut menciptakan peluang terciptanya kegiatan jual beli secara online yang biasa disebut online shopping. Online trust adalah kepercayaan terhadap suatu pihak dalam melakukan hubungan transaksi berdasarkan suatu keyakinan bahwa pihak terlibat dapat dipercaya untuk memenuhi kewajibannya sesuai dengan yang diharapkan. Purchase intention merupakan kecenderungan individu untuk membeli suatu produk di masa yang akan datang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling pengambilan sampel berdasarkan atas suatu pertimbangan tertentu. Data penelitian diambil dengan menggunakan dua skala yaitu skala online trust dan skala purchase intention. Berdasarkan aspek-aspek online trust terdiri atas 24 item, sedangkan berdasarkan aspek-aspek purchase intention terdiri atas 20 item. Secara umum penilaian online trust pada pada konsumen di media Instagram termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan penilaian secara umum purchase intention pada pada konsumen di media Instagram termasuk dalam kategori tinggi. Dan penilaian analisis hubungan antara online trust dan purchase intention pada konsumen di media Instagram diketahui bahwa koefisien korelasi (r) online trust dan purchase intention sebesar 0,418 dengan taraf signifikansi p=0,000 dimana p<0,01. Dari hasil tersebut dapat simpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ada hubungan positif antara online trust dan purchase intention” diterima. Peneliti selanjutnya diharapkan lebih memperhatikan variasi metode dalam pelaksanaan penelitian serta harus memperhatikan respon dari alternatif jawaban alat ukur.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | online trust, purchase intention, Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Populist Economy H Social Sciences > HF Commerce |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2018 15:07 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 14:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30171 |
Actions (login required)
View Item |