KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN POSTER BERSERI DENGAN PENERAPAN MODEL INSTRUKSI LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN ISI TEKS FABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 19 SEMARANG


Tsausan Syadza Salsabiela, 2101413009 (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN POSTER BERSERI DENGAN PENERAPAN MODEL INSTRUKSI LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN ISI TEKS FABEL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 19 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (798kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan menceritakan isi teks fabel merupakan pembelajaran yang sangat bermanfaat, karena dapat menumbuhkan nilai – nilai positif dan kompetensi berbicara yang baik pada peserta didik. Untuk itu, diperlukan media pembelajaran dan model yang sesuai agar pembelajaran berjalan maksimal. Media pembelajaran menceritakan isi teks fabel yang dirasa sesuai adalah media komik dan media poster berseri. Adapun model yang dianggap sesuai adalah model instruksi langsung. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan penggunaan media komik dan media poster berseri dalam pembelajaran menceritakan isi teks fabel. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana keefektifan penggunaan media komik dengan penerapan model instruksi langsung dalam pembelajaran keterampilan menceritakan isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP N 19 Semarang; (2) Bagaimana keefektifan penggunaan media poster berseri dengan penerapan model instruksi langsung dalam pembelajaran keterampilan menceritakan isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP N 19 Semarang; (3) Media manakah yang lebih efektif penggunaannya antara komik dan poster berseri dengan penerapan model instruksi langsung dalam pembelajaran keterampilan menceritakan isi teks fabel pada peserta didik kelas VII SMP N 19 Semarang. Desain yang digunakan adalah pra eksperimen (eksperimen lemah) yaitu The Static Group Pretest – Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 19 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah keterampilan menceritakan isi teks fabel oleh peserta didik kelas VII SMP N 19 Semarang pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 yaitu pada kelas VII A dan VII C. Kelas VII A diberi perlakuan dengan media komik dan model instruksi langsung, sementara kelas VII C diberi perlakuan dengan media poster berseri dan model instruksi langsung. Hasil penelitian kemudian dihitung dengan Uji T. Keefektifan tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dengan nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,24 < 0,05 pada aspek pengetahuan, dan Sig (2-tailed) sebesar 0,30 < 0,50 pada aspek keterampilan, maka dapat disimpulkan HI diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat perbedaan antara rata – rata prestasi belajar kelompok eksperimen 1 dengan kelompok eksperimen 2. Adanya perbedaan rata – rata antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 menunjukkan bahwa penggunaan media komik dan model instruksi langsung efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan isi teks fabel, baik untuk menunjang nilai pengetahuan maupun nilai keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian, media komik dan media poster berseri dengan penerapan model instruksi langsung dapat digunakan sebagai alternatif pilihan media dan model pembelajaran menceritakan isi teks fabel. Media komik cocok digunakan untuk peserta didik memiliki minta baca yang tinggi dan kurang suka berimajinasi tentang peristiwa dalam cerita. Hal tersebut karena, teks fabel dalam komik menjelaskan secara rinci setiap peristiwa dengan kalimat yang lengkap. Adapun media poster berseri cocok digunakan untuk peserta didik yang lebih suka berimajinasi dan memiliki minat baca yang kurang. Hal tersebut karena teks fabel dalam poster berseri cenderung singkat sehingga peserta didik baiknya mampu berimajinasi tentang isi cerita fabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : media komik, media poster berseri, model instruksi langsung, pembelajaran menceritakan isi teks fabel.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Mar 2018 17:35
Last Modified: 05 Mar 2018 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30146

Actions (login required)

View Item View Item