KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VII


Wahyu Rahmawati , 2101412151 (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412151.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di sekolah, peserta didik masih kesulitan menentukan dan mengembangkan topik menjadi teks cerita fantasi yang utuh. Kesulitan menentukan topik inilah yang membuat peserta didik merasa jenuh saat pembelajaran menulis teks cerita fantasi berlangsung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, model pembelajaran yang mengacu pada pandangan konstruktivisme, seperti model pembelajaran problem based learning dan model discovery learning adalah model pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Untuk mengetahui perbedaan tingkat keefektifan kedua model pembelajaran tersebut, maka perlu dilakukan penilain keefektifan penggunaan model problem based learning dan model discovery learning dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana keefektifan penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik SMP kelas VII, 2) bagaimana keefektifan penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik SMP kelas VII, 3) bagaimana perbedaan keefektifan penggunaan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada peserta didik SMP kelas VII. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuasi yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control grup design dengan tahap pretes dan postes. Sampel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan model problem based learning pada peserta didik kelas VII-D SMP Negeri 1 Kudus dan keterampilan menulis teks cerita fantasi dengan menggunakan model discovery learning pada peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Kudus. Instrumen penelitian ini berupa lembar kerja peserta didik dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji sampel, dan uji hipotesis menggunakan aplikasi Stastitical Product and Sevice Solution (SPSS). Berdasakan hasil analisis data dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut; 1) model problem based learning memenuhi kriteria keefektifan pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, yang bearti terdapat perbedaan hasil pretes dan postes menulis teks cerita fantasi pada kelas eksperimen 1; 2) model discovery learning memenuhi kriteria keefektifan pembelajaran menulis teks cerita fantasi dengan nilai vii signifikansi 0,000<0,05, yang bearti terdapat perbedaan hasil pretes dan postes menulis teks cerita fantasi pada kelas eksperimen 2; 3) model discovery learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi daripada model problem based learning, dibuktikan dengan perbedaan rata-rata antara kelas problem based learning dan discovery learning. Rata-rata kelas model problem based learning sebesar 84 dan rata-rata kelas model discovery learning sebesar 88. Jadi kelas yang melaksanakan pembelajaran menulis teks cerita fantasi menggunakan model discovery learning lebih efektif daripada kelas yang melaksanakan pembelajaran menulis teks cerita fantasi menggunakan model problem based learning. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah 1) kepada guru bahasa Indonesia, hendaknya memberikan kebebasan peserta didik dalam memilih tema ketika melaksanakan pembelajaran menggunakan model problem based learning, sehingga teks cerita fantasi yang dihasilkan akan lebih beragam, 2) kepada guru bahasa Indonesia, hendaknya memberikan media alternatif ketika melaksanakan pembelajaran menggunakan model discovery learning, sehingga peserta didik menjadi tertarik dan lebih aktif dalam pembelajaran, 3) peserta didik hendaknya dibiasakan berlatih secara terus menerus supaya keterampilan menulis teks cerita fantasi mereka semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model problem based learning, model discovery learning, menulis teks cerita fantasi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Mar 2018 14:38
Last Modified: 05 Mar 2018 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

View Item View Item