Aplikasi Sistem Antrian dengan Saluran Tunggal pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Negeri Semarang
Diah Puspitasari , 4150401031 (2005) Aplikasi Sistem Antrian dengan Saluran Tunggal pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (“Aplikasi Sistem Antrian dengan Saluran Tunggal pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Negeri Semarang)
- Published Version
Download (490kB) | Preview |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering terjadi suatu antrian apabila sedang menunggu giliran. Antrian terjadi karena jumlah pelanggan yang dilayani melebihi kapasitas pelayanan. Pada penelitian ini mengambil kasus yang terjadi pada UPT Perpustakaan UNNES Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana model antrian di UPT Perpustakaan UNNES, berapa rata-rata jumlah pengunjung di dalam sistem dan antrian pada masing-masing loket, berapa rata-rata waktu pengunjung menunggu di dalam sistem dan antrian pada masing-masing loket, dan berapa persentase waktu menganggur untuk pelayan pada masing-masing loket, dan berapa jumlah pelayan ideal. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui model antrian pada UPT Perpustakaan UNNES, untuk mengetahui rata-rata jumlah pengunjung rata-rata di dalam sistem dan antrian pada masing-masing loket, untuk mengetahui rata-rata waktu pengunjung menunggu di dalam sistem dan antrian pada masing-masing loket, dan untuk mengetahui persentase waktu menganggur untuk pelayan pada masingmasing loket, dan untuk mengetahui jumlah pelayan ideal. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini melalui beberapa tahap yaitu perumusan masalah, studi pustaka, dan pemecahan masalah. Untuk pemecahan masalah dilakukan pengumpulan data selama 3 hari. Dari data yang dipeoleh dilakukan analisis data. Langkah-langkah dalam analisis data yaitu menentukan distribusi peluang dari data yang diperoleh dengan uji kebaikan suai khi kuadrat, menentukan model antrian, menghitung rata-rata jumlah pengunjung yang berada dalam sistem dan antrian pada loket yang diteliti, menghitung rata-rata waktu yang dihabiskan seorang pelanggan dalam sistem dan antrian pada loket yang diteliti, dan menghitung persentase menganggur para pelayan pada loket yang diteliti. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sistem antrian pada UPT Perpustakaan UNNES mengikuti sistem antrian tunggal. Waktu antar kedatangan berdistribusi Poisson dan waktu pelayanan berdistribusi Eksponensial. 1. Pada loket peminjaman buku Hari,tanggal L Lq W (menit) Wq (menit) X (%) Senin, 15 Agustus 2005 3,785 2,994 5,988 4,736 20,88 Selasa, 16 Agustus 2005 6,042 5,184 10,101 8,667 14,16 Kamis, 18 Agustus 2005 1,551 0,943 2,660 1,617 39,21 2. Pada loket pengembalian buku Hari,tanggal L Lq W (menit) Wq (menit) X (%) Senin, 15 Agustus 2005 4,291 3,480 9,174 7,435 18,96 Selasa, 16 Agustus 2005 0,923 0,443 2,358 1,133 51,96 Kamis, 18 Agustus 2005 1,146 0,612 2,544 1,358 46,62 Waktu menunggu yang diinginkan pengunjung tidak lebih dari 15 menit dan waktu menganggur pelayan yang diperbolehkan oleh UPT Perpustakaan UNNES adalah 10% maka banyaknya pelayan ideal pada loket peminjaman buku maupun pada loket pengembalian buku adalah satu orang. Saran yang dapat diberikan yakni perlu adanya peningkatan kualitas pelayanan pada UPT Perpustakaan UNNES dan pada waktu terjadi antrian yang sangat panjang sebaiknya waktu pelayanan dipercepat sehingga tidak mengakibatkan waktu menunggu yang terlalu lama
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Sistem Antrian, Saluran Tunggal |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 25 Jul 2011 03:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3012 |
Actions (login required)
View Item |