PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS DESKRIPSI BERTEMA PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP


Khansa Soniahanum , 2101412143 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS DESKRIPSI BERTEMA PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412143.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (884kB) | Preview

Abstract

Teks deskripsi merupakan teks baru pada Kurikulum 2013, karena kebaruan teks tersebut sumber materi di lapangan masih sangat terbatas. Selain itu, buku teks pelajaran yang digunakan di sekolah masih kurang memadai dalam pencapaian hasil belajar peserta didik terhadap materi teks deskripsi. Teks deskripsi yang sesuai dengan perkembangan sosial peserta didik yaitu yang mengangkat kehidupan sehari-hari seperti bertema permainan tradisional. Melalui teks deskripsi bertema permainan tradisional dapat memberikan kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya lokal yang memiliki nilai sikap disetiap permainannya dan sangat baik untuk perkembangan sosial peserta didik kelas VII SMP yang sedang mengalami perkembangan sosial antar teman sebaya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mencakupi kebutuhan buku pengayaan, prinsip-prinsip buku pengayaan, dan desain buku pengayaan menyusun teks deskripsi bertema permainan tradisional untuk peserta didik kelas VII SMP yang sesuai dengan persepsi peserta didik dan pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu observasi dan angket untuk memperoleh kebutuhan pengembangan buku pengayaan dan penilaian desain buku pengembangan. Sumber data terdiri atas peserta didik, pendidik, dan dosen ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, pemaparan data, dan simpulan data. Hasil penelitian ini yaitu,pertama kebutuhan buku pengayaan menyusun teks deskripsi bertema permainan tradisional untuk peserta didik dan pendidikmenghasilkan data kebutuhan berdasarkan beberapa aspek yaitu: 1) aspek materi/isi, 2) aspek penyajian, 3) aspek bahasa dan keterbacaan, 4) aspek grafika, dan 5) aspek tema permainan tradisional. Selain data kebutuhan juga dihasilkan harapan terhadap buku pengayaan menurut peserta didik dan pendidik, yang disertai analisis ketersediaan buku pengayaan untuk mengatasi sumber referensi yang dapat mendukung keterampilan menyusun teks deskripsi dan untuk memotivasi dalam melestarikan budaya lokal bangsa. Peserta didik dan pendidik menghendaki buku pengayaan dengan penyajian materi yang runtut dan lengkap, bahasa yang mudah dipahami, grafika yang sesuai dengan minat peserta didik, dan tema yang dapat membantu perkembangan sosial peserta didik dengan menggunakan tema permainan tradisional. Kedua, prinsip-prinsip buku pengayaan terdapat pada aspek materi yang dikembangkan dengan berdasarkan prinsip relevansi, kecukupan, adaptif, dan prinsip rasional. Aspek penyajian dikembangkan dengan berdasarkan prinsip atraktif dan prinsip sistematis. Aspek bahasa dan keterbacaan dikembangkan dengan berdasarkan prinsip komunikatif, konsistensi, dan prinsip adaptif. Aspek grafika dikembangkan dengan berdasarkan prinsip adaptif dan prinsip relevansi. Aspek tema dikembangkan dengan berdasarkan prinsip adaptif dan prinsip atraktif.Ketiga, desain produk buku pengayaan dikembangkan dengan lima bagian meliputi (1) bentuk fisik, (2) sampul buku, (3) materi teks deskripsi, (4) contoh, dan (5) materi pelengkap. Hasil penilaian terhadap desain buku pengayaan yang dilakukan oleh pendidik dan dosen ahli. Penilaian aspek materi/isi memperoleh nilai 78,12 (baik) dari pendidik dan memperoleh nilai 78,12 (baik)dari ahli. Aspek penyajian memperoleh nilai 77,77 (baik) dari pendidik dan memperoleh nilai 83,33 (baik)dari ahli. Aspek bahasa dan keterbacaan nilai yang diperoleh dari pendidik yaitu 83,33 (baik) dan memperoleh nilai 62,50 (baik) ahli. Aspek grafika memperoleh nilai dari pendidiksebesar 77,77 (baik) dan memperoleh nilai 96,66 (sangat baik)dari ahli. Aspek tema memperoleh penilaian dari pendidik 79,16 (baik), dari dosen ahli memperoleh nilai 87,50 (baik), dan dari dosen ahli tema permainan tradisional memperoleh nilai 75,00 (baik). Selain penilaian, pendidik dan ahli juga memberikan saran perbaikan. Saran perbaikan dilakukan pada lima bagian a) sampul buku pengayaan bagian depan dan belakang, b) judul, c) materi awal teks deskripsi, d) ilustrasi, dan e) identitas penulis. Saran yang dapat direkomendasikan yaitu, (1) saran untuk pendidik dan peserta didik, buku pengayaan menyusun teks deskripsi bertema permainan tradisional dapat digunakan untuk dijadikan sebagai buku pendamping atau sebagai materi tambahan sehingga dapat mendukung pembelajaran. (2) saran untuk pihak sekolah, buku pengayaan dapat digunakan sebagai buku penunjang materi teks deskripsi(3) saran untuk penelitian selanjutnya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai buku pengayaan menyusun teks deskripsi bertema permainan tradisional untuk peserta didik kelas VII SMP sehingga dapat digunakan secara maksimal. Perlu dilakukan pengujian dan modifikasi terhadap buku pengayaan menyusun teks deskripsi bertema permainan tradisional sehingga dapat lebih bermanfaat dan lebih mudah dipahami untuk peserta didik dan pendidi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: buku pengayaan, teks deskripsi, permainan tradisional
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Mar 2018 14:33
Last Modified: 05 Mar 2018 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30119

Actions (login required)

View Item View Item