PENGARUH PEMANFAATAN SUNGAI BANJIR KANAL BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN 2017


Juan Andi Santoso , 3201410100 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN SUNGAI BANJIR KANAL BARAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410100.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (298kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran geografi tidak hanya mempelajari dengan membaca dan membayangkan saja di dalam ruangan. Pembelajaran geografi diperlukan dengan mengajak siswa ke lapangan langsung untuk mengamati fenomana lingkungan yang ada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran pemanfaatan Sungai Banjir Kanal Barat sebagai Sumber Belajar Geografi Kelingkungan Terhadap Hasil Belajar, aktivitas, dan sikap peduli lingkungan Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 14 Semarang Tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA N 14 Semarang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IS 1 dan IS 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan Sungai Banjir Kanal Barat sebagai Sumber Belajar menjadikan hasil belajar, aktivitas, dan sikap peduli lingkungan berbeda signifikan dengan siswa yang diberikan pembelajaran dengan metode ceramah biasa. Hasil belajar, aktivitas siswa, dan sikap peduli lingkungan siswa kelas ekseprimen lebih tinggi rataratanya dibandingkan dengan kelas kontrol. Simpulan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh signifikan pembelajaran pemanfaatan Sungai Banjir Kanal Barat sebagai Sumber Belajar Geografi Kelingkungan Terhadap Hasil Belajar, aktivitas, dan sikap peduli lingkungan Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 14 Semarang Tahun 2017. Saran yang diberikan yaitu sebaiknya siswa diajak langsung ke lingkungan ketika mempelajari kompetensi dasar pelestarian ingkungan hidup sehingga siswa dapat pengalaman secara langsung. Saran dalam penelitian ini yaitu jika ingin meningkatkan hasil belajar dan sikap peduli lingkungan pada siswa maka sebaiknya tidak hanya menggunakan metode konvensional di kelas saja, namun melakukan Pembelajaran Geografi dengan memanfaatkan sungai Banjir Kanal Barat sebagai sumber belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sikap Peduli Lingkungan, Sumber Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 12:29
Last Modified: 05 Mar 2018 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30112

Actions (login required)

View Item View Item