TINGKAT AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SOSIAL DI SMA NEGERI 10 SEMARANG TAHUN 2016/2017


NOVIANTO WIDI SAPUTRA , 3201410096 (2017) TINGKAT AKTIVITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SOSIAL DI SMA NEGERI 10 SEMARANG TAHUN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410096.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (168kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran geografi di SMA Negeri 10 Semarang saat ini sudah menerapkan berbagai macam model pembelajaran, dari berbagai model pembelajaran yang telah diterapkan Jigsaw memiliki rata-rata nilai kelas terendah sebesar 72, nilai ini merupakan nilai terendah di antara model model pembelajaran lain yang diterapkan di SMA Negeri 10 Semarang dan di bawah nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat aktivitas siswa dalam model pembelajaran Jigsaw. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat aktivitas siswa pada model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif dengan pengolahan data menggunakan teknik tabulasi distribusi frekuensi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sosial SMA Negeri 10 Semarang dan sampel didapatkan menggunakan proporsional random sampling sebesar 23% dari total siswa keseluruhan, yang diperoleh 8 siswa dari 4 kelas yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan observasi yang telah di lakukan diperoleh tingkat aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw berada pada kategori rendah dengan rata-rata sebesar 15,1 dari jumlah skor tertinggi sebesar 30. Dan dari 5 sub variabel pada aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw terdapat 3 sub variabel yang berada pada kategori rendah dan 2 sub variabel berada pada kategori sedang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada penerapan model pembelajaran Jigsaw berada pada kategori rendah dan mengalami masalah pada 3 aktivitas, yaitu pada aktivitas siswa dalam kelompok asal, aktivitas siswa dalam kelompok ahli, dan pada aktivitas siswa setelah kembali ke kelompok asal, saran yang dapat disampaikan berdasarkan penelitian ini adalah guru perlu lebih meningkatkan semangat dan memotivasi siswa untuk lebih aktif mengikuti pembelajaran sehingga akan mengacu siswa untuk belajar lebih giat lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas,Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 12:25
Last Modified: 05 Mar 2018 12:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30109

Actions (login required)

View Item View Item