PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GRINGSING KABUPATEN BATANG


NUR KHAFIDIN , 3201410094 (2017) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GRINGSING KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (384kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar yang mendukung pembelajaran siswa yaitu sumber yang dapat menjawab kebutuhan siswa untuk menyesaikan belajar. Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar yang dapat mendukung peningkatan hasil belajar. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan yaitu untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dan terdapatnya pengaruh perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gringsing Kabupaten Batang. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Gringsing Kabupaten Batang tahun ajaran 2017 yang berjumlah 172 siswa dan terbagi menjadi 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini kelas VIIIA dan VIIIB setelah dilakukan undian. Variabel dalam penelitian ini yaitu pemanfaatan perpsutakaan sebagai sumber belajar dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar termasuk kriteria baik dimana dengan skor rata-rata 67,83. Hasil belajar siswa diperoleh rata- rata 69,5. Hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai t hitung=13,48 dengan nilia signifikan p<0,05 (0,000<0,05) sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Saran yang diajukan adalah sebagai berikut. 1) Sebaiknya guru sering memberikan tugas kepada siswa agar dengan memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat belajar menjadi lebih baik lagi. 2) Masih banyaknya siswa yang termasuk dalam kategori kurang baik dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran, maka sebaiknya pihak sekolah dapat melaksanakan program gemar ke perpustakaan, dimana siswa yang paling rajin mengunjungi dan meminjam buku-buku koleksi perpustakaan diberikan sebuah hadiah untuk merangsang siswa untuk datang ke perpustakaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > Geography Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 12:00
Last Modified: 05 Mar 2018 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30100

Actions (login required)

View Item View Item