PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-POSTER BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA SISWA KELAS III SD ISLAM AL MADINA SEMARANG


Mahmud Nursalam , 1401413002 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-POSTER BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA SISWA KELAS III SD ISLAM AL MADINA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (865kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya ketuntasan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas III SD Islam Al Madina Semarang sebesar 76% disebabkan media IPA kurang tersedia dan belum optimal dalam menarik perhatian siswa. Dari permasalahan tersebut, peneliti berinisiatif untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, menguji kelayakan media pembelajaran, dan menguji efektivitas hasil belajar IPA materi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan media e-poster berbasis website pada siswa kelas III SD Islam Al Madina Semarang. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) dengan metode pengembangan menggunakan model Waterfall Software Development Life Cycle (SDLC) oleh Youssef Bassil, yang meliputi tahap analysis, design, implementation, testing dan maintenance. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran e-poster berbasis website berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kelompok kecil kemudian diterapkan pada kelompok besar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara terstruktur, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji N-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 89,17% yang dapat dikatakan bahwa materi sumber energi dan kegunaannya termasuk dalam kriteria sangat layak untuk digunakan. Persentase yang dicapai oleh ahli media adalah 85%, dapat dikatakan bahwa media sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran IPA. Hasil belajar uji coba kelompok kecil mengalami peningkatan dengan perolehan sebesar 0,53 termasuk dalam kriteria sedang. Angket tanggapan siswa dan guru menyatakan bahwa media eposter berbasis website dalam kriteria sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Kelayakan terseut diperkuat dengan hasil rata-rata posttest kelompok besar sebesar 87,2 meningkat dari hasil rata-rata pretest yang hanya sebesar 72,2 dengan perolehan pemahaman dalam kriteria sedang (N-Gain= 0,54). Simpulan dari penelitian ini adalah media e-poster berbasis website sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA dan meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk media e-poster berbasis website agar digunakan secara baik di sekolah maupun di rumah sebagai sumber belajar dan dapat memanfaatkan media yang inovatif yang serupa untuk mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-poster; pengembangan; IPA; sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 12:47
Last Modified: 21 May 2018 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30090

Actions (login required)

View Item View Item