Pengembangan Cerita Remaja Bermuatan Nilai-nilai Multikultural Bagi Siswa SMP
Erwin Pramana Windawan, 2101410114 (2017) Pengembangan Cerita Remaja Bermuatan Nilai-nilai Multikultural Bagi Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (876kB) | Preview |
Abstract
Karakter multikultural harus dimiliki siswa sehingga guru secara langsung maupun tidak langsung harus menanamkan perilaku atau sikap yang menunjukkan karakter multikultural. Salah satu cara untuk menanamkan karakter multikultural pada anak adalah melalui buku yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu; 1) mendeskripsikan buku kumpulan cerita remaja bermuatan nilai multikultural yang sesuai kebutuhan siswa; 2) mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap buku kumpulan ceira remaja bermuatan nilai multikultural; dan 3) mendeskripsikan buku kumpulan cerita remaja bermuatan nilai multikultural yang sesuai keinginan siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development. Langkah-langkah yang digunakan adalah langkah-langkah yang dikemukakan oleh Borg dan Gall dalam Sugiyono (2010:409), yaitu (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Selaras dengan proses pengembangan buku pengayaan, dilakukan penyesuaian dengan membatasi penelitian sampai pada lima tahap, yaitu pada tahap revisi/perbaikan desain setelah validasi desain oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan siswa akan buku cerita bermuatan nilai multikultural tinggi. Hal ini karena buku sejenis belum banyak ditemukan. Buku kumpulan cerita bermuatan nilai-nilai multikultural yang harus dikembangkan dengan model ukuran buku A5, bahasa campuran, ukuran huruf 12pt dengan tipe huruf time new roman. Gambar yang disajikan ke dalam buku hendaknya berukuran kecil saja sehingga tidak memenuhi halaman buku. Hasil penilaian dari pakar diperoleh nilai rata-rata 92,36 atau dengan kriteria sangat baik. Dari masing-masing aspek diperoleh nilai yaitu aspek isi materi diperoleh nilai 87,5%, aspek tampilan buku memperoleh nilai 93,5%, dan aspek bahasa 95,8%. Berdasarkan hasil tersebut maka secara kesuluruhan bukau hasil pengembangan yaitu buku kumpulan cerita remaja bermuatan nilai-nilai multikultural termasuk kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Buku Pengayaan, Cerita Remaja, Nilai Multikultural |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 13:55 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 13:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30074 |
Actions (login required)
View Item |