PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL


Sri Fatmiyatun , 3101413092 (2017) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413092.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (207kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar sejarah yang dapat dimanfaatkan sangat beragam mulai dari buku teks sejarah, hingga benda-benda peninggalan sejarah, bangunan, dan film. Kecamatan Limbangan memiliki potensi peninggalan pada masa Hindu-Budha yang berupa lingga-yoni, dan arca. Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah guru melakukan identifikasi terhadap sumber belajar dalam pembelajaran sejarah, (2) bagaimanakah guru memanfaakan sumber belajar dalam pembelajaran sejarah, (3) bagaimanakah evaluasi yang dilakukan guru terkait dengan sumber belajar serta (4) apakah kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam memanfaatkan sumber belajar?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 1 Limbangan. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah SMA Negeri 1 Limbangan dan siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Limbangan. Teknik pngumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah di SMA Negeri 1 Limbangan telah memanfaatkan berbagai sumber belajar yaitu buku, film, dan perpustakaan. Identifikasi yang dilakukan oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Limbangan didasarkan pada kurikulum yang dilaksanakan sekolah, kompetensi siswa dan sarana-prasarana penunjang yang dimiliki oleh sekolah. Pemanfaatan sumber belajar yang banyak digunakan adalah buku teks sejarah dan film. Evaluasi yang terkait dengan sumber belajar ada beberapa yaitu buku dan film. guru menugasi siswa untuk merangkum isi film dan materi yang ada didalam buku. Kendala-kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan sumber belajar adalah keterbatasan waktu pembelajaran, akses ke sumber belajar yang masih sulit, serta informasi tentang sumber belajar yang masih sedikit. Berdasarkan hasil tersebut terdapat kesenjangan antara potensi dan pemanfaatan sumber belajar yang ada. Peneliti menyarankan agar guru sejarah dapat menggali informasi tentang sumber-sumber yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan seperti monumen perjuangan rakyat Limbangan. Agar sumber-sumber belajar yang ada dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2018 11:39
Last Modified: 02 Mar 2018 11:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30064

Actions (login required)

View Item View Item