PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BREBES TAHUN AJARAN 2016/2017


Intan Fitriani , 3101413068 (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BREBES TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413068.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (412kB) | Preview

Abstract

Sebuah studi pendahuluan tentang penanaman nilai-nilai nasionalisme tepatnya dikelas XI yang dilakukan di SMA N 2 Brebes merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan semangat nasionalisme siswa sekaligus supaya tertanam jati diri dengan baik pada diri setiap siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah siswa pada pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia (2) Mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai nasionalisme pada pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas XI di SMA N 02 Brebes. (3) Mengetahui bagaimana kendala-kendala yang dialami dalam proses pembelajaran sejarah pada pokok bahasan proklamsi kemerdekaan Indonesia di SMA N 02 Brebes. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berlangsung di SMA N 2 Brebes. Informan dalam penelitian ini adalah 3 guru sejarah dan siswa kelas XI SMA N 2 Brebes. Sumber datanya adalah informan, pengamatan dan studi dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran sejarah pada pokok bahasan proklamasi kemerdekaan Indonesia di SMA N 02 Brebes kurang lebih sama seperti yang diterapkan di SMA lainnya, prosesnya adalah mempersiapkan RPP sesuai Prota dan Promes, mempersiapkan materi dan media pembelajaran, video, dan mempersiapkan evaluasi pembelajaran. (2) Guru kerap menyelipkan sedikit demi sedikit bagaimana menanamkan nilai-nilai nasionalisme di dalam kelas salah satu contohnya adalah dengan menjelaskan perbedaan pendapat antara golongan muda dengan golongan tua yang akan menumbuhkan sikap saling menghargai. (3) kendala-kendala yang dialami dalam proses pembelajaran sejarah pada pokok bahasan proklamsi kemerdekaan Indonesia di SMA N 2 Brebes, yaitu sulitnya mengkondisikan siswa di dalam kelas, peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya waktu dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Saran yang dinyatakan dalam penelitian ini adalah (1) Bagi guru supaya referensi yang digunakan tidak hanya berpaku pada buku ajar saja seperti buku paket dan LKS, tetapi lebih banyak lagi supaya lebih memperdalam materi yang akan disampaikan di kelas. (2) Hendaknya pembelajaran dilaksanakan dengan menyesuaikan apa yang ada di dalam RPP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran sejarah, Nilai-nilai nasionalisme, proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2018 12:15
Last Modified: 01 Mar 2018 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30059

Actions (login required)

View Item View Item