PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 PEJAGOAN MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Siti Nurhayati , 3101413057 (2017) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 PEJAGOAN MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL DI KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (505kB) | Preview

Abstract

Penerapan pendidikan karakter pada siswa kelas XI SMA N 1 Pejagoan melalui pembelajaran sejarah lokal di Kebumen merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai sejarah yang ada di Kebumen. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran sejarah lokal ini masih kurang. Oleh karena itu, pembelajaran sejarah lokal dianggap sangat penting. Tujuannya adalah (1) Mengetahui bagaimana pemahaman siswa SMA N 1 Pejagoan tentang pendidikan karakter dan sejarah lokal di Kebumen (2) Mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter pada siswa SMA N 1 Pejagoan melalui sejarah lokal di Kebumen dan (3) Mengetahui bagaimana tangggapan siswa SMA N 1 Pejagoan mengenai penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah lokal di Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan jenis strategi eksploratoris sekuensial. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik pengujian yang dipergunakan dalam menentukan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Teknik anaisis data yang digunakan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa SMA N 1 Pejagoan mengenai sejarah lokal Kabupaten Kebumen cukup baik. Penerapan pendidikan karakter pada siswa SMA N 1 Pejagoan melalui pembelajaran sejarah lokal di Kebumen terlaksana dengan baik. Hal ini dilihat dari prosentasi sebesar 59% dengan jumlah responden 100 orang yang terdiri dari dua kelas IPA dan dua kelas IPS. Tanggapan siswa SMA N 1 Pejagoan mengenai penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah lokal di Kebumen sangat baik. Siswa SMA N 1 Pejagoan sangat antusias untuk mengikuti pelajaran sejarah yang beraitan dengan sejarah lokal Kebumen. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelajaran sejarah melalui pembelajaran berbasis nilai sejarah lokal di SMA N 1 Pejagoan memiliki peran yang efektif untuk menerapkan pendidikan karakter siswa. SMA N 1 Pejagoan secara umum karakter yang ditanamkan kepada siswa melalui pembelajaran berbasis nilai sejarah lokal meliputi nillai kedisiplinan, cinta tanah air, mandiri, religius, kreatif, dan bertanggung jawab. Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah agar pemahaman dan pengetahuan siswa tentang sejarah lokal Kabupaten Kebumen perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah, Sejarah Lokal
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2018 12:01
Last Modified: 01 Mar 2018 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30056

Actions (login required)

View Item View Item