PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA KELOMPOK DAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH PEMINATAN KELAS X IPS SMA NEGERI 1 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Baihaqi Aditya , 3101413035 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA KELOMPOK DAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH PEMINATAN KELAS X IPS SMA NEGERI 1 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (330kB) | Preview |
Abstract
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berdampak pada peningkatan kerjasama kelompok dan pemahaman materi pada peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Demak. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Sejauh manakah efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Demak tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Sejauh manakah peningkatan kerjasama kelompok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Demak? (3) Sejauh manakah peningkatan pemahaman materi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Demak? (4) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD terhadap kerjasama kelompok pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Demak? (5) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD terhadap pemahaman materi sejarah peminatan pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Demak? (6) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD terhadap kerjasama kelompok dan pemahaman materi sejarah peminatan pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Demak? Hasil penelitian menunjukkan efektifitas pelaksanaan model kooperatif STAD sebesar 91,7% yang berarti dalam kategori sangat baik. Peningkatan kerjasama kelompok memiliki skor n-gain sebesar 0,3850 dan peningkatan pemahaman materi mempunyai skor n-gain 0,3417. Terdapat pengaruh antara model STAD dan kerjasama kelompok sebesar t hitung 2,982 > t tabel 2,448. Model STAD juga mempunyai pengaruh terhadap pemahaman materi sebesar t hitung 4,278 > t tabel 2,448. Sementara harga pengaruh ketiga variabel secara bersamaan diuji dengan uji multivariate menghasilkan nilai sebesar0,029; 0,011; dan 0,00. Semuanya kurang dari 0,05 yang artinya terdapat pengaruh diantara ketiga variabel tersebut Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model kooperatif STAD terhadap peningkatan kerjasama kelompok dan pemahaman materi serta terdapat hubungan diantara ketiganya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerjasama Kelompok; Model Pembelajaran Kooperatif; Pemahaman Materi; Student Teams Achievement Division. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2018 18:26 |
Last Modified: | 28 Feb 2018 18:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30045 |
Actions (login required)
View Item |