EFEKTIVITAS METODE STUDI LAPANGAN DI SITUS SEMEDO TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X IPS MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN DI SMA NEGERI 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Aroyan Bagas Pradana , 3101413021 (2017) EFEKTIVITAS METODE STUDI LAPANGAN DI SITUS SEMEDO TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X IPS MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN DI SMA NEGERI 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (346kB) | Preview |
Abstract
Guru dituntut untuk memiliki kreatifitas dalam mengembangkan metode yang nantinya akan digunakan. Terkait dengan mata pelajaran sejarah peminatan materi sejarah pra aksara, metode yang dinilai tepat adalah dengan menggunakan metode studi lapangan. Dari pengamatan peneliti, guru belum memaksimalkan metode studi lapangan. Alasan yang didapat adalah karena guru tidak memiliki banyak waktu terkait dengan pelaksanaan metode studi lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode studi lapangan, pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah peminatan, dan pengaruh studi lapangan di Situs Semedo. Desain dari penelitian ini adalah true experimental design pola pretestposttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 2 (Kontrol) dan Kelas X IPS 3 (Eksperimen) yang diambil dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan belajar mengajar di kelas X IPS 3 (Eksperimen) memiliki efektivitas yang tinggi sebesar 78,4%. Hasil perhitungan uji ketuntasan belajar untuk kelas kontrol yaitu thitung ( -0,44) dan ttabel (1,69). Harga thitung < ttabel maka kelas kontrol belum mencapai ketuntasan belajar dan kelas eksperimen sudah mencapai ketuntasan belajar karena thitung (3,53) > ttabel (1,69). Metode studi lapangan di Situs Semedo memiliki pengaruh yang signifikan yang bisa dilihat dari uji regresi sederhana. Diperoleh rhitung sebesar 0,431, dengan taraf signifikansi 5% dengan n = 30 diperoleh nilai rtabel sebesar 0,361. Karena rhitung > rtabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,431 antara metode studi lapangan siswa di Situs Semedo terhadap pemahaman siswa. Koefisien determinasinya r² = 0,431² = 18,58%. Hal ini berarti 18,58% ditentukan oleh pembelajaran menggunakan metode studi lapangan di Situs Semedo melalui persamaan regresi Ŷ = 6,76 + 0,83X, sisanya 81,42% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran: Pertama, bagi guru diharapkan untuk dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, efektif serta inovatif guna membangun keaktifan siswa; Kedua, diperlukan koordinasi dan manajemen waktu yang tepat dan baik supaya studi lapangan dapat dilaksanakan dengan maksimal; Ketiga, metode studi lapangan dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran sejarah karena dapat memberikan pengaruh yang baik pada pemahaman siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Studi Lapangan, Pemahaman Siswa, Situs Semedo |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2018 17:48 |
Last Modified: | 28 Feb 2018 17:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30041 |
Actions (login required)
View Item |