KENDALA–KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELPELAJARAN SEJARAH SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 COMAL PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Akmalia Rosyada , 3101412082 (2017) KENDALA–KENDALA YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELPELAJARAN SEJARAH SESUAI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 COMAL PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (727kB) | Preview

Abstract

Guru dan sekolah sebagai pelaksana masih mengalami kendala dalam menerapkan kurikulum 2013 karena kurangnya pemahaman dalam menerjemahkan kurikulum 2013 tersebut. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaran pembelajaran sejarah sesuai kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Comal, untuk mengetahui kendala pembelajaran sejarah yang dihadapi guru sesuai kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Comal, dan untuk mengetahui cara mengatasi kendala-kendala yang dihadapi guru sejarah sesuai kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Comal. Jenis penelitian ini yang dilakukan oleh penulis jenis penilitian kualitatif, dengan pendekatan interactive analysis models atau model analisis interaksi . Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Comal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Comal sudah menggunakan kurikulum 2013. Adapun kendala- kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelPelajaran sejarah sesuai kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Comal meliputi pemahaman guru yang masih kurang tentang kurikulum 2013, ketersediaan buku wajib yang belum terpenuhi, kurangnya buku ajar mata pelPelajaran sejarah peminatan dan adanya tumpang tindih pembelajaran sejarah wajib dan peminatan. Untuk mengatasi kendala-kendala guru sejarah di SMA N 1 Comal dengan menyesuaikan metode pembelajaran, pemenuhan bahan ajar sejarah wajib maupun peminatan disertai dengan sarana prasarana yang lain sehingga pelaksanaan pembelajaran sejarah sesuai dengan kurikulum 2013 dapat berjalan lancar. Saran, Perlu adanya persamaan persepsi untuk memaksimalkan penerapan Kurikulum 2013 dengan peran wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengadakan pelatihan yang lebih intensif sehingga pesan-pesan yang terkandung dalam Kurikulum 2013 mampu diserap dengan baik oleh guru baik guru sejarah maupun guru mata pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendala, PembelPelajaran, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2018 12:12
Last Modified: 27 Feb 2018 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30007

Actions (login required)

View Item View Item