Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Karanganyar Demak.


Yulianto Wahyu Saputra , 3101410094 (2017) Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Karanganyar Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101410094.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang, (1) pemahaman buku teks bagi guru dalam pembelajaran sejarah, (2) pemanfaatan buku teks oleh guru dalam pembelajaran sejarah, (3) kendala-kendala guru terkait pemanfaatan buku teks yang ada pada pembelajaran sejarah, dan (4) minat siswa dalam pembelajaran sejarah indonesia yang memanfaatkan buku teks. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods) dan menggunakan pendekatan eksploratoris sekuensial. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 analisis yaitu, analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Pada tahap awal, penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data kualitatif terlebih dahulu dan kemudian ditindaklanjuti dengan penelitian kuantitatif. Metode kualitatif dilaksanakan untuk menemukan persepsi guru tentang pemahamannya mengenai buku teks, cara pemafaatan buku teks dalam pembelajaran sejarah, juga mengetahui kendala-kendala dalam penerapan pembelajaran sejarah menggunakan buku teks. Sedangkan untuk pendekatan kuantitatif digunakan untuk menganalisis minat siswa dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Karanganyar Demak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data penelitian ini terdiri atas informan (guru dan siswa), dokumen (buku teks, silabus, dan RPP), tempat, dan peristiwa (kelas dan kegiatan pembelajaran). Teknik pengumpulan data untuk guru menggunakan analisis wawancara mendalam, observasi, dan content analysis. Sedangkan untuk mengukur minat siswa menggunakan uji angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pemahaman guru buku teks memiliki makna yang penting bagi guru. (1) Buku teks berfungsi sebagai sumber dan media pembelajaran utama karena kelengkapan materi ajar yang diperoleh didalamnya, sehingga tujuan pembelajaran sejarah dapat dicapai secara optimal, (2) Pada pembelajaran sejarah, ada dua jenis pemanfaatan buku teks, yaitu pemanfaatan buku teks dari pemerintah sebagai bahan ajar utama dan buku teks non pemerintahan sebagai referensi guna melengkapi kekurangan materi yang ada di buku teks pemerintah, (3) Kendala dalam pemanfaatan buku teks oleh guru adalah buku yang relatif mahal sehingga guru harus membuat rangkuman dari materi yang begitu luas guna proses pembelajaran, dan (4) Minat siswa dalam pembelajaran sejarah yang memanfaatkan buku teks sudah baik ini didapatkan dari hasil uji angket tanggapan siswa sebesar 72%. Saran bagi sekolah, ketersediaan buku-buku mengenai sejarah dilengkapi guna pembelajaran di sekolah. Sedangkan bagi guru, hendaknya mencari sumber-sumber kesejarahan yang terbaru guna pendamping dari buku teks yang sudah ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Buku Teks. Pembelajaran
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2018 11:11
Last Modified: 27 Feb 2018 11:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30003

Actions (login required)

View Item View Item