MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PEMILIHAN KARIER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/ 2010


Asri Awaliyah , 1301405040 (2010) MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PEMILIHAN KARIER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/ 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PEMILIHAN KARIER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/ 2010]
Preview
PDF (MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DALAM PEMILIHAN KARIER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/ 2010) - Published Version
Download (746kB) | Preview

Abstract

Manusia sejak dilahirkan akan berhadapan dengan lingkungan yang menuntutnya untuk menyesuaikan diri, salah satu penyesuaian diri yang dialami siswa di Sekolah Menengah Atas adalah ketika menghadapi pemilihan karier. Pemilihan karier yang dimaksud di sini adalah jurusan, karena jurusan merupakan keputusan kecil dari suatu karier, dan jurusan merupakan salah satu faktor penentu karier seseorang kelak. Siswa dalam pemilihan karier harus bisa menyesuaikan diri dengan karier yang dijalaninnya agar siswa tersebut bisa menjalankan pilihan kariernya tanpa beban dan tidak mengalami maladjustment yang ditandai dengan perilaku menyimpang. Fenomena di SMA N 14 Semarang mempunyai masalah tentang masa depannya karena mereka salah dalam pemilihan jurusan di SMA dan masih belum yakin dengan jurusan yang sekarang dijalaninya yang berdampak pada prestasi belajarnya. Sedangkan siswa yang memiliki penyesuaian diri dalam pemilihan karier yang baik akan dapat beajar dengan senang di program studinya. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui penyesuaian diri dalam pemilihan karier siswa kelas XI SMA N 14 Semarang sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok serta untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri dalam pemilihan karier siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 14 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan propotional sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis penyesuaian diri dalam pemilihan karier. Validitas instrument menggunakan rumus korelasi product moment dihitung dengan taraf signifikansi 5% (rtabel = 0,444). Penghitungan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha menunjukkan angka 0,95, oleh karena itu instrument dinilai reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji Wilxocon. Hasil penelitian yang diperoleh, tingkat penyesuaian diri siswa dalam pemilihan karier sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok tergolong dalam kategori rendah dengan persentase 54,00% Setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok meningkat menjadi 85,06% dalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 31,06%. Dari perhitungan uji Wilxocon diperoleh Z hitung = 3.059 > Z tabel = 0.005 Hasil tersebut menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa dalam pemilihan karier. Merujuk dari hasil penelitian tersebut, sebaiknya guru pembimbing lebih memanfaatkan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri dalam pemilihan karier.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Pemilihan Karier, Layanan Bimbingan Kelompok.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2011 07:10
Last Modified: 25 Apr 2015 05:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item View Item