MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU (STUDI KASUS MENGGUNAKAN MEDIA SWISHMAX)


Puput Noviawati , 1511413037 (2017) MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU (STUDI KASUS MENGGUNAKAN MEDIA SWISHMAX). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511413037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak tunarungu mengalami disfungsional dalam indera pendengaran. Keadaan tersebut menyebabkan anak tunarungu mengalami permasalahan sosial, emosional, kognitif, perilaku, dan kesehatan mental. Permasalahan yang terjadi pada anak tunarungu tersebut dikarenakan minimnya penguasaan kosakata. Penelitian ini menggunakan media swishmax sebagai media pembelajaran kosakata pada anak tunarungu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan penguasaan kosakata pada anak tunarungu dengan menggunakan media swishmax. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitiannya adalah time series design. Jumlah subjek penelitian ini adalah 8 subjek tunarungu kelas IV. Alat ukur yang digunakan untuk pretest dan posttest adalah peabody picture vocabulary test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian yang didapatkan adala media swsihmax mampu mengembangkan penguasaan kosakata pada anak tunarungu di kelompok eksperimen sebesar 4 kali lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan media konvensional. Hasil analisis Wilcoxon Signed Rank Test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan penguasaan kosakata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah tidak diberikan perlakuan lagi (p = 0,020; Z = -2.323). hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran kosakata dengan menggunakan media swishmax lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata anak tunarungu dibandingkan dengan media konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Anak Tunarungu, Media Swishmax, Penguasaan Kosakata
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 19 Feb 2018 17:19
Last Modified: 19 Feb 2018 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29945

Actions (login required)

View Item View Item